Home Politik DPR Bawa Masalah Etnis Rohingya Ke Parlemen Dunia

DPR Bawa Masalah Etnis Rohingya Ke Parlemen Dunia

Publik-News.com – Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menyebut pihaknnya akan membawa persoalan etnis Rohingya ke Parlemen Dunia. Taufik mengaku akan membahasnya dengan pimpinan untuk merumuskan rekomendasi.

“Soal Myanmar itu hal yang sangat serius. Saat paripurna terakhir kebetulan saya mimpin, dari Fraksi PAN, PKS, Gerindra juga menyampaikan interupsi sangat keras,” ujar Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Senin (4/9/2017).

Taufik menilai masalah etnis Rohingnya ini merupakan masalah yang serius. Menurutnya, telah terjadi kejahatan kemanusian dengan banyaknya korban dari kebrutalan militer Myanmar.

“Ini sudah menyangkut kejahatan kemanusiaan luar biasa. Kami akan rapim menindaklanjuti dari kawan-kawan faksi, termasuk rekomendasi agar Nobel (pimpinan Myanmar) Aung San Suu Kyi ditarik, dan meminta kepada pemerintah untuk bereaksi lebih keras lagi,” kata Taufik.
“Kita akan lakukan rapim hari ini, menindaklanjuti sikap fraksi-fraksi kemudian kami akan konsultasi, rapat dengan pimpinan fraksi. Nantinya akan kita jadikan sebagai rekomendasi politik resmi dari DPR,” tambah politikus PAN itu.

Selain itu, hal yang lain yang akan dibahas dalam rekomendasi itu adalah pencabutan nobel perdamaian Suu Kyi. Karena ia dianggap membiarkan kekejaman terjadi pada etnis Rohingya.

Rekomendadi itu juga nantinya akan dibawa ke World Parliamentary Forum yang akan digelar di Bali pada Rabu (6/9) mendatang.

“Rabu DPR akan terbang ke Bali untuk World Parliamentary Forum, diikuti 47 negara. Termasuk Myanmar juga hadir. Di situ DPR akan gunakan diplomasi parlemen untuk bawa rekomendasi DPR yang diawali dari sikap fraksi di rapat paripurna itu,” terang dia.

“Karena ini hal yang serius, karena di Rakhine sudah mengarah ke genosid,” sambung Taufik.(Fq)

 

Comment