DPR Kritik Anggaran Kemensos Tak Memihak Fakir Miskin

DPR Kritik Anggaran Kemensos Tak Memihak Fakir Miskin

SHARE

Publik-News.com – Wakil ketua komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis kehadiran negara dibutuhkan dalam rangka memberantas kemiskinan. Karena itu, kata dia, anggaran negara harus berorientasi bagi kemanfaatan untuk fakir miskin.

Iskan mengkritisi rancangan anggaran 2017 kementerian sosial yang menurutnya kurang mengakomodir kepentingan fakir miskin.

“Pemangkasan anggaran jangan sampai berdampak buruk bagi pencapaiaan kinerja, perluasan dan jangkauan prograam bagi kalangan fakir miskin, kaum disabilitas dan perlindungan anak,” kata Iskan saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Iskan mengatakan program pengentasan kaum miskin mestinya menjadi prioritas Kemensos. Bukan sebaliknya, kata dia, kepentingan kaum miskin malah dinomorduakan.

“Seharusnya anggaraan untuk mereka tidak dikorbankan,” ucapnya.

Iskan juga menilai rancangan anggaran Kemensos 2017 kontradiksi dengan tingkat kebutuhan di Indonesia saat ini. Pasalnya, ada skema pemotongan anggaran untuk penanggulangan bencana hingga 50 persen.

Ia menyampaikan saat ini tingkat kerawanan bencana di Indonesia cukup tinggi. Bahkan, terdapat 300 kabupaten dan kota di Indonesia yang rawan bencana.

“Pemotongan anggaran untuk bencana ini akan menyulitkan kementerian sosial dalam menanggulangi bencana jika terjadi secara tiba-tiba di beberapa daerah,” ungkapnya. (Ahmad)

SHARE
Comment