DPR RI Ingin Dicitrakan Positif

DPR RI Ingin Dicitrakan Positif

SHARE

Publik-News.com – Citra negatif DPR RI secara kelembagaan terus menurun. Beragam penyebab citra negatif parlemen yang dihuni sekitar 560 an anggota DPR RI dari 10 Fraksi partai Politik tersebut.

Selain bulos, sikap dan perilaku serta keterlibatan sejumlah oknum anggota DPR juga menjadi penyebab ketidakpercayaan publik terhadap institusi tersebut. Jika dibandingkan dengan lembaga negara lainnya, seperti lembaga penegak hukum lainnya, citra positif DPR secara kelembagaan jauh tertinggal.

Hal tersebut diakui oleh Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (Sekjen DPR RI) Winantuningtyastiti. Menurutnya, DPR dari waktu ke waktu semakin minim mendapatkan apresiasi dari publik

“Padahal posisi DPR dalam konstitusi sangat strategis,” ungkap Winantuningtyastiti, di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Hal tersebut dikatakan Winantuningtyastiti saat menghadiri acara Forum Diskusi Parlemen 71 Tahun DPR RI dan Kinerjanya yang diselenggarakan oleh Badan Keahlian Dewan. Dia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya maksimal untuk menempatkan DPR menjadi mitra yang baik di hati publik.

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan rutin menyelenggarakan forum-forum yang terhimpun alam suatu wadah tertentu dengan tujuan proaktif menanggapi kebutuhan dan tuntutan dari masyarakat.

“Kami ingin membangun tradisi baru, yakni ingin mengajak publik untuk satu pemahaman bawa DPR harus didukung dan dicitrakan positif melalui pengawasan dan dialog terkait kinerja DPR,” katanya.

(Taufik)

SHARE
Comment