Dubes RI untuk Inggris Serahkan Surat Kepercayaan kepada Ratu Elizabeth

Dubes RI untuk Inggris Serahkan Surat Kepercayaan kepada Ratu Elizabeth

SHARE

Jakarta – Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris, Dr Rizal Sukma, menyerahkan surat kepercayaan (letter of credential) kepada Ratu Elizabeth di Istana Buckingham, Rabu (25/5). Rizal berharap hubungan kedua negara ke depan semakin kuat.

“Hubungan dan kerjasama Indonesia-Inggris saat ini dapat dilihat sebagai Kemitraan Sapta Cita karena adanya tujuh kesamaan cita-cita di antara kedua negara,” kata Rizal saat memberikan pidato dalam acara resepsi diplomatik di KBRI London seusai penyerahan surat kepercayaan, sebagaimana tertulis dalam siaran pers, Kamis (26/5/2016).

Adapun tujuh cita-cita atau harapan Kemitraan Sapta Cita yang tertuang dalam surat kepercayaan, yakni:

1. Kemitraan ekonomi untuk kemakmuran bersama
2. Kemitraan global dalam menjaga tatanan global yang berlandaskan hukum internasional
3. Kemitraan maritim dalam menjamin keterbukaan samudera bagi semua bangsa
4. Kemitraan berlandaskan nilai dalam membangun demokrasi, pluralisme dan toleransi dalam hubungan antar-bangsa
5. Kemitraan politik untuk memperkuat good governance
6. Kemitraan keamanan dalam menyebarkan pesan-pesan damai ke seluruh penjuru dunia
7. Kemitraan budaya untuk membangun saling pengertian yang mendalam antara rakyat Indonesia dan Inggris

Acara itu dihadiri oleh para dubes negara sahabat, politisi, kalangan diplomatik, kalangan bisnis dan akademisi di Inggris. Rizal mengungkapkan keyakinannya bahwa Indonesia memiliki sejumlah kelebihan strategis dalam mencapai tujuan kemitraan Indonesia-Inggris.

Foto penyerahan surat kepercayaan oleh Dubes RI untuk Inggris kepada Ratu Elizabeth (Istimewa)

Sedikitnya ada tiga kelebihan strategis dalam mencapai tujuan kemitraan kedua negara, yaitu kekuatan di antara dua samudera strategis. Indonesia memandang keamanan maritim sebagai hal yang penting bagi perdagangan, kesejahteraan dan stabilitas.

“Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, Indonesia memiliki pengalaman yang relevan bagi semua pihak,” lanjutnya.

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki peranan penting dalam memainkan peran sebagai kekuatan moderat dalam panggung internasional. Terakhir, sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, Indonesia merupakan titik tumpu (fulcrum) bagi stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

SHARE
Comment