Fadli Zon Heran Bantuan Pemerintah Ke Rohingya Terbilang Kecil

Fadli Zon Heran Bantuan Pemerintah Ke Rohingya Terbilang Kecil

SHARE

Publik-News.com – Waketum Gerindra Fadli Zon meluruskan pernyataan Prabowo Subianto yang menyebut bantuan pemerintah ke pengungsi Rohinya sebagai pencitraan.

Fadli menjelaskan bantuan pemerintah itu dibilang terlalu kecil dibandingkan bantuan masyarakat kepada Rohingya.

“Saya kira mungkin maksud Pak Prabowo, (kan) kita lebih banyak masyarakat yang mendukung (memberi bantuan) itu, (sementara) effort pemerintah masih kurang untuk itu. Jadi yang dimaksud Pak Prabowo itu lebih kepada pemerintah, bukan masyarakat,” tanggap Fadli Zon di Hotel Shangri-La Makati, Manila, Filipina, Selasa (19/9/2017)

Fadli kemudian memandingkan dengan Turki yang langsung turun membantu etnis Rohingya saat awal mula pembantaian itu. Sementara pemerintah Indonesia masih diam.

“Kalau kita lihat negara seperti Turki bahkan mengirim bantuan itu langsung. Instruksi mereka buka saja border-nya, kita bantu secara ekonomi. Bahkan kalau tidak salah ibu negaranya juga datang ke pengungsi di sana. Jadi untuk memberikan dukungan,” ucap Wakil Ketua DPR itu.

Menurut Fadli, bantuan yang dikirim pemerintah itu terlalu kecil dibandingkan dengan bantuan dari masyarakat, termasuk LSM.

“Ya, jadi masih kurang lah. Untuk sebuah negara seperti Indonesia memberikan bantuan seperti itu masih terlalu kecil. Dari sisi pemerintah ya,” sebut Fadli.

“Dari sisi masyarakat bantuan kemanusiaan yang dikirim, bahkan LSM-LSM yang lebih dulu. Seperti Mer-C, ACT, Dompet Dhuafa, atau lembaga-lembaga itu yang mereka sudah lebih advance duluan,” tambah Fadli.

Sementara bantuan dari LSM itu lebih dulu diberikan kepada entis Rohinya. “Kalau kita lihat negara seperti Turki bahkan mengirim bantuan itu langsung. Instruksi mereka buka saja border-nya, kita bantu secara ekonomi. Bahkan kalau tidak salah ibu negaranya juga datang ke pengungsi di sana. Jadi untuk memberikan dukungan,” ucap Wakil Ketua DPR itu.(Fq)

 

 

SHARE
Comment