Home Politik Fahri Beberkan 3 Alasan KPK Wajib Dibekukan

Fahri Beberkan 3 Alasan KPK Wajib Dibekukan

Publik-News.com – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku herang sikap KPK yang tidak mau menghadiri undangan Pansus Angket, Rabu (20/9) kemarin dengan alasan menunggu putusan uji materi UU MD3 di MK.

Menurut Fahri, cara kinerja KPK seperti ini perlu dipertanyakan. Ia menyebut KPK sudah layak dibekukan.

“Melihat semua kejanggalan ini wajar kalau KPK memang harus dibekukan pada awalnya supaya bisa dievaluasi secara menyeluruh,” kata Fahri di Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Fahri kemudian menyebut tiga alasan KPK layak dibekukan. Pertama, karena KPK tidak melakukan uji materi tetapi individu tertentu tetapi dengan menggunakan argumen uji materi maka sesungguhnya KPK telah berpolitik dan berdalih sebagai partai politik.

“Kedua, KPK dengan demikian telah membenarkan argumen bahwa apabila seseorang sedang melakukan upaya hukum lain seperti praperadilan seperti Budi Gunawan, Hadi Purnomo, dan Setya Novanto, maka sesungguhnya mereka tidak boleh diproses hukum. Tetapi kenapa Setya Novanto tetap dipanggil?,”‎ tambahnya.

“Ketiga, lanjut Fahri, diskriminasi di KPK dan kegiatan malpraktik soal penegak hukum sudah rutin terjadi. KPK kerap memproses saksi dengan sendiri tanpa pelibatan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan Komnas HAM,”imbuh Fahri.

Menurutnya, KPK menggarap sendiri aset sita tanpa keterlibatan Rubasan dan lain-lain. (Fq)

 

Comment