Fahri Hamzah: Fatwa MA Tak Akan Pengaruhi Hak Angket DPR

Fahri Hamzah: Fatwa MA Tak Akan Pengaruhi Hak Angket DPR

SHARE

Publik-News.com – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menanggapi langkah pemerintah dengan meminta fatwa ke Mahkamah Agung (MA) soal status Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kembali menjadi Gubernur DKI.

Menurut Fahri, meski pemerintah sudah mendapatkan hasil dari Fatwa MA, hal itu tidak bisa mengubah keputusan DPR untuk menggulirkan hak angket. Artinya, apapun keputusan MA, kata Fahri, hak angket tetap berjalan.

“Fatwa itu tidak mengikat, tindakan melanggar undang-undang telah dilakukan presiden. Ini yang mau saya clear-kan juga kan ada yang bilang enggak perlu itu kan masih perbedaan pendapat dan seterusnya, tugas pengawasan memastikan presiden tidak pernah melakukan pelanggaran undang-undang,” kata Fahri di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Sedangkan yang menjadi persoalan saat ini, pemerintah kembali mengaktifkan Ahok sebagai Gubernur DKI meski statusnya sudah menjadi terdakwa. Dalih DPR menggunakan hak angket karena pemerintah melanggar undang-undang pemerintahan daerah Nomor 23 Tahun 2014, yang menyebutkan apabila kelapa daerah menyandang status terdakwa dan diancam hukuman di atas lima harus diberhentikan sementara

Menurut fahri, saat ini sejumlah fraksi yang mengajukan hak angket akan melakukan investigasi. Hak angket ini dikeluarkan, kata dia, karena Mendagri tidak konsisten dengan sikapnya yang berjanji akan menonaktifkan Ahok usai masa cuti selesai.

“Ini baru investigasi atas dugaan, bisa saja dalam angket tidak ditemukan pelanggaran undang-undang,” lanjut dia.(Fq)

 

Comments

SHARE