Home Hukum Fahri Kritik KPK Berbulan-bulan Tak Periksa Novanto

Fahri Kritik KPK Berbulan-bulan Tak Periksa Novanto

Publik-News.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah mengkritik kerja KPK yang sudah berbulan-bulan tidak memeriksa Setya Novanto meski sudah ditetapkan tersangka e-TKP.

“Kemarin kan berbulan-bulan enggak diperiksa dan sebenarnya enggak boleh dalam adat etika hukum kan enggak boleh ada yang namanya justice delay justice denied. Ketua DPR itu harusnya jangan didelay gini proses hukum,” tegas Fahri di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Fahri menekakankan KPK harus adil dalam memperlakukan tersangka. Menurutnya, semua orang sama statusnya di mata hukum.

“Ya ini juga perlu ada mindset yang diperbaiki juga dipihak kok bahwa setiap orang harus diperlakukan sama di depan hukum. jangan karena ada opini publik orang ini harus di perkeras lalu KPK berubah. Ini yang saya bilang dari dulu KPK berpolitik,” pungkasnya.

Fahri kemudian meminta Novanto tidak perlu hawatir bakal diperiksa KPK. Sebab, posisinya yang saat ini sebaga Ketua DPR bakal diperlakukan adil oleh KPK.

“Ya saya enggak tahu, tetapi menurut saya pak Novanto enggak perlu khawatir ya, karena apa pun kan dia masih ketua DPR dan pasti dia diperlakukan adil lah,” kata Fahri.

Selain itu, berhubung saat ini Novanto mengajukan Praperadilan, Fahri meminta KPK bisa menunda pemeriksaan, seperti kasus yang lain yang terjadi pada Budi Gunawan, mengajukan Praperadilan tetapi tidak diperiksa.

“Kalau KPK kepada Budi Gunawan kepada Hadi Purnomo kepada Ilham Sirajudin, kepada Miryam tidak memeriksa karena lagi praperadilan masa Pak Novanto akan diperiksa kan enggak,” sambungnya. (Fq)
 

Comment