Fahri: Perppu Ormas Ditolak, Kembali Ke UU Lama

Fahri: Perppu Ormas Ditolak, Kembali Ke UU Lama

SHARE

Publik-News.com – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mngatakan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas saat ini sudah masuk di Komisi II untuk dibahas. Jika Perppu itu ditolak, maka akan kembali ke UU ormas sebelumnya.

“Jadi Perppu Ormas itu sudah dipindahkan ke Komisi II, nantinya Komisi II akan membentuk panja untuk membahasnya secara teknis bersama menteri yang dikirim pemerintah. Biasanya Menteri Hukum dan HAM dan Menteri Dalam NegeriĀ gitu,” ujar Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (25/8/2017).

Setelah dibahas di Komisi II, nantinya akan dibawa ketingkat kedua pengambilan keputusan. Hasil dari keputusan itu akan dibawa ke paripurna untuk keputusan akhir.

“Apabila disepakati di komisi bahwa ini diterima ya dibawa ke paripurna ataupun ditolak tetap pemutus terakhirnya adalah paripurna,” jelas Fahri.

Fahri menyebut tugas panja tidak membahas pasal per-pasal dari perppu. Panja hanya membahas menolak atau menerimanya. Jika ditolak, maka akan kembali ke aturan yang lama.

“Biasanya ya kalau ini kan disebutnya perppu perubahan pada undang-undang, jadi kalau perppu perubahannya ditolak, maka tidak terjadi perubahan,” kata dia.

“Dugaan saya, karena ini ada perppu untuk perubahan terhadap undang-undang, maka begitu ini ditolak, akan kembali ke undang-undang lama yang berlaku,” lanjut Fahri. (Fq)

 

SHARE
Comment