Home Hankam FPI Sweeping, Menkopulhukam: Bubarkan dan Tangkap!!

FPI Sweeping, Menkopulhukam: Bubarkan dan Tangkap!!

Publik-News.com-Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto mengaku pihaknya sangat serius dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat jelang perayaan natal dan dan tahun baru.

Untuk itu, Wiranto hari ini memanggil Panglima TNI, Kapolri, Menteri Agama, Menteri Komunikasi dan Informatika, serta Menteri Luar Negeri untuk melakukan kordinasi terkait pengamanan tersebut.

“Ada dua hal yang kami bincang kan. Yang pertama, bagaimana negara harus hadir di tempat-tempat dan waktu yang kritis, dimana masyarakat harus terlindungi secara hukum. Yang kedua, kami membincangkan masalah pengamanan kegiatan Natal dan Tahun Baru,” kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Selasa, 20 Desember 2016.

Wiranto memberikan penegasan terkait adanya Sweeping yang dilakukan oleh  FPI. Menurutnya, hal itu tidak bisa dibenarkan dan pastinya melanggar hukum

“Pada prinsipnya aksi sweeping, atau dengan istilah lain adalah upaya paksa dari suatu organisasi kemasyarakatan kepada masyarakat. Itu tidak dibenarkan dan melanggar hukum,” ujar Wiranto

Menurut Wiranto, yang berhak melakukan upaya paksa hanya aparat penegak hukum, seperti TNI, Polri, Jaksa dan KPK.

“Adanya ormas yang melakukan sweeping atau upaya paksa kepada masyarakat dengan alasan apapun tidak dibenarkan. Dan kami perintahkan untuk dibubarkan dan ditangkap, agar tidak melakukan intimidasi kepada masyarakat,” ujarnya menegaskan.

Terkait pengamanan Natal dan tahun baru, Wiranto mengaku sudah menyiapkan 80 ribu personil. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari, Polisi, Satpol PP, dan aparat keamanan lainnya. (faruq)

 

Comment