FPKS Idealkan DPR Miliki Lembaga Pendukung Keahlian, BH dan LOC

FPKS Idealkan DPR Miliki Lembaga Pendukung Keahlian, BH dan LOC

SHARE

Publik-News.com – Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengidealkan adanya lembaga pendukung keahlian di DPR. Menurutnya, lembaga tersebut dapat berfungsi sebagai perangkat penguatan kapasitas bagi para wakil rakyat yang bertugas di parlemen.

“Secara kelembagaan, DPR harusnya punya semacam lembaga pendukung keahlian seperti di Amerika Serikat. Ada budget House (BH) dan library of congress (LOC) yang benar-benar profesional dan independen, diisi para pakar di berbagai bidang. Usernya adalah para anggota DPR,” ujar Jazuli saat dihubungi di Jakarta, Senin (29/8/20016).

Jazuli mengatakan sejumlah lembaga yang disebutkannya dapat menjadi lembaga peningkatan kapasitas para anggota dewan dalam menjalankan fungsi dan perannya. Sehingga, performa para anggota dewan kedepan dapat diharapkan menjadi lebih baik.

Selanjutnya, lanjut Jazuli, tinggal menguji komitmen para anggota dewan dalam proses peningkatan kualitas kebijakan DPR.

“Disinilah peran fraksi sebagai kepanjangan tangan partai politik punya peran penting untuk mengontrol kualitas kinerja dan mendisiplinkan anggotanya,” ucapnya.(Ahmad)

SHARE
Comment