Home Politik Fraksi Nasdem: Revisi UU MD3 Representasikan Perwakilan Fraksi

Fraksi Nasdem: Revisi UU MD3 Representasikan Perwakilan Fraksi

Publik-News.com-Sejumlah Fraksi di DPR menginginkan Undang Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD atau UU MD3 untuk direvisi. Apalgi UU tersebut saat ini sudah masuk dalam daftar kumulatif terbuka, sehingga bisa diakukan revisi setiap waktu

Revisi itu dilakukan untuk menambah wakil pimpinan baik yang ada di alat kelengakapan maupun posisi wakil ketua DPR. Hal ini bertujuan untuk menampung semua perwakilan fraksi yang ada di DPR

“Karena luasnya DPR ada 11 komisi dan empat badan. Wakil pimpinan hanya empat orang. Jadi kurang. Walau pimpinan hanya suarakan keputusan lembaga, representasi politik di pimpinan harus ada,” kata Wakil Ketua Fraksi NasDem, Johnny G Plate di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 6 Desember 2016.

Oleh karena itu, lajnutnya, revisi ini dilakukan untuk merepresentasikan perwakilan dari masing-masing fraksi. Karena dalam fraksi juga mempunyai agenda politik, mestinya hal itu bisa diperhatikan agar semua suara perwakilan nantinya bisa saling menyatukan

“Bukan hanya tambah satu pimpinan. Itu pragmatis. Itu hanya untuk kepentingan kelompok. Dari NasDem ingin lihat bagaimana representasi politik ketatanegaraan. Maka representasi fraksi harus ada di pimpinan. Tak masalah ada 10 wakil pimpinan,” katanya.

Alasan lain kenapa harus direvisi, ia mengatakan ketika DPR mengadakan rapat bisa tertunda karena alasan pimpinan DPR tidak lengkap, karena sebagian ada yang bepergian ke luar negeri.

“Kami sudah coba di Indonesia proporsional lima terbaik ditukar dengan paket. Mau ditukar lagi dengan proporsional. Sudahlah lupakan proporsional dan paket, masuk ke representasi politik,” ujar dia.

“Semuanya terwakili di tingkat parlemen. Kalau hanya tambah satu pimpinan, kenapa hanya satu? Apa dasarnya? Tapi, kalau representasi fraksi untuk semua kepentingan. Tak perlu kocok ulang, jadi melengkapi pimpinan yang ada sekarang saja,” tambahnya. (faruq)

 

 

 

 

 

 

 

 

Comment