Gawat, Kemenag Kekurangan 21 Ribu Guru Agama

Gawat, Kemenag Kekurangan 21 Ribu Guru Agama

SHARE

Publik-News.com – Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Imam Syafi’i menyebut pihaknya masih kekurangan 21 ribu guru agama di sekolah umum secara merata di seluruh Tanah Ai.

Maka itu, ia mengaku akan melakukan kordinasi dengan semua pihak. Kemarin, sudah mengirim surat resmi pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tindaklanjut dari kordinasi ini juga akan disampaikan ke dengan Komisi VIII DPR RI.

Sesuai PP 55 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan disebutkan, terutama pada pasal 6 ayat (1), Pemerintah Daerah memungkinkan untuk membantu dalam penyelenggaraan pendidikan agama, termasuk dalam pengangkatan pendanaannya.

“Kami terus mencari jalan terbaiknya. Jadi walaupun pengelolaan guru agama ditanggung jawabi kami, namun di PP itu juga kan ada kewenangan dari pihak lain soal pengangkatan,” kata Imam saat dihubungi, Sabtu (8/7/2017).

Ia menjelaskan tidak mengetahui secara pasti mengapa terjadi kekuarangan guru agama hingga puluhan ribu ini. Ia berharap masalah seperti ini cepat selesai.

“Karena kan ini bukan hanya tugas kita. Kemenpan RB, Kemendagri juga berperan dalam hal pengangkatan guru. Namun memang tetap harus ada koordinasi dengan kita terkait pembinaan dan substansi PAI,” kata Imam.(Fq)

SHARE
Comment