Home Regional Geger Nama Ahok Muncul di Soal Ujian Semester SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga

Geger Nama Ahok Muncul di Soal Ujian Semester SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga

Publik-News.com-Dalam ujian semester yang berada di salah satu sekolah tingkat pertama di Purabalingga, membuat geger publik dengan adanya pertanyaan yang mencantumkan nama Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Pauntau Publik-News.com-, nama Ahok masuk dalam ujian akhir semsester di SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga, Jawa Tengah, jumat (9/12/2016). Dalam isi sola ujian tersebut tertulis, “Siapakah nama calon Gubernur Jakarta yang melecehkan Alquran saat ini?”.

Sedangkan jawaban dari soal ini menyediakan jawaban ganda: A. Paijo B. Ahik C. Ken Arok D. Basuki Candra (Ahok).

Atas kejadian ini, Wakil Ketua Mejelis Dikdasmen Muhamadiyah Sugiman mengaku terdapat kesalahan dalam penyusuna soal tersebut. karena adanya salah satu guru di sekolah membuat soal ujian tanpa mengetahui poin soal yang sesuai dengan aturan Dikdasmen.

“Saat rapat penyusunan soal materi kita juga sudah memberikan penekanan agar tidak boleh ada soal yang berbau politik, dan kita sudah berikan rambu-rambu itu,” ujarnya Sabtu (10/12/2016)

“Jadi ternyata saat rapat penyusuan itu Pak Jumanto tidak datang. Yang datang guru lain, tapi dia (Jumanto) yang menyusun,” jelasnya.

Ia juga mengaku ada kelengahan dari pihak Dikdasmen yang tidak bisa melakukan pengecekan sebelumnya. “Dari majelis juga ada kelengahan dan tidak diedit sebelum soal itu dicetak karena keterbatasan waktu serta jumlah soal yang banyak, sehingga tidak bisa di cek satu persatu, dan langsung masuk percetakan,” ucapnya.

Diketahui, salah satu guru yang membuat soal tersebut sudah meminta maaf karena mencantumkan nama Ahok dalam soal ujian pada mata pelajaran tarikh atau sejarah perkembangan Islam untuk siswa kelas IX. (faruq)

Comment