Gema Kosgoro Apresiasi Jokowi Upayakan Perdamaian di Myanmar

Gema Kosgoro Apresiasi Jokowi Upayakan Perdamaian di Myanmar

SHARE

Publik-News.com – Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Mahasiswa (DPN Gema) Kosgoro mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo dalam mengupayakan perdamaian atas tragedi kemanusiaan yang dialami etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Hal itu disampaikan Ketua Umum DPN Gema Kosgoro dalam audienai dengan Kepala Staf Presiden Teten Masduki yang diwakili Deputi IV Kepala Staf Presiden Eko Sulistyo di Bina Graha Jakarta.

“Kami mengapresiasi langkah Presiden Jokowi mengupayakan perdamaian di Rakhine, Myanmar. Kami sampaikan kepada Deputi IV KSP Eko Sulistyo agar Indonesia terus aktif mengupayakan perdamaian dunia,” kata Untung kepada wartawan, Jumat (15/9/2017).

Hadir mendampingi Untung dalam audiensi dengan Deputi IV KSP yakni Ketua Bidang Organisasi Adam Malik, Ketua Bidang Keanggotaan Vera Manida, Ketua Bidang Hukum dan Hak Azasi Manusia Jajang Purqon, Ketua Bidang Humas Muhammad Sufi dan Wakil Sekjen Egi Hendrawan.

Untung mengungkapkan, Gema Kosgoro telah mengirimkan surat ke Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berkedudukan di Newyork, Amerika Serikat dan Komisi Tinggi Hak Azasi Manusia di Jenewa melaporkan dugaan pembersihan etnis Rohingya oleh rezim pemerintah Myanmar yang tengah berkuasa.

“Kita sudah kirimkan surat ke PBB dan Komisi tinggi HAM PBB,” kata Untung.

Dan belum lama ini, kata Untung, Sekjen PBB Antonio Gutteres dalam keterangan persnya yang dikutip sejumlah media telah menyatakan bahwa tragedi kemanusiaan yang dialami etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar merupakan genoside atau pembersihan etnis dan dapat berdampak terhadap kestabilan kawasan.

“Atas nama Pancasila terutama sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 maka Indonesia sudah on track dalam upayanya menciptakan perdamaian di Myanmar,” katanya.

Deputi IV KSP Eko Sulistyo dalam kesempatan itu merespon positif kunjungan dari Gema Kosgoro. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas kedatangan Gema Kosgoro.

“Saya ucapkan terimakasih banyak,” kata dia kepada Untung sambil tersenyum hangat. (RF)

Comment