GP Ansor Heran SDA Melimpah Pemerintah Memilih Impor Garam

GP Ansor Heran SDA Melimpah Pemerintah Memilih Impor Garam

SHARE

Publik-News.com – Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mengaku heran dengan rencana pemerintah yang akan mengimpor garam. Padahal, di negera ini sumber daya alamnya begitu melimpah.

“Ke depan saya kira, pemerintah tidak boleh terus menjadikan impor ini sebagai solusi. Harus mulai dipikirkan bagaimana agar Indonesia yang berlimpah air laut sebagai bahan dasar memproduksi garam bisa mencukupi kebutuhannya sendiri,” kata Anggota DPR Komisi VI ini, Selasa (1/8/2017).

Ia menilai sah-sah saja apabila pemerintah saat ini mengimpor garam untuk mengatasti kelangkaan dan menjaga stabilitas harga. Namun, jika hal itu untuk kepentingan kartel, apalagi merugikan petani maka patut untuk dikoreksi.

“Kalau untuk mengatasi kelangkaan dan menjaga stabilisasi harga sih baik-baij saja. Tetapi tetap harus diantisipasi permainan spekulan dan kartel garam. Agar tujuan import untuk mengatasi kelangkaan, tidak jadi bancakan bagi mereka,” tegas Gus Yaqut.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan kelangkaan garam di daerah. Yakni, tingkat produksi yg rendah, manajemen yang tidak bagus, cuaca yg tidak bersahabat hingga permintaan yang terlalu tinggi

Maka itu, dari masalah itu nantinya bakal di evalusi mana tugas pemerintah dan petani untuk memperbaikinya. (Fq)

 

SHARE
Comment