Haedar Nashir Minta Jangan Sebarkan Virus Kecemasan Soal Isu Radikalisme

Haedar Nashir Minta Jangan Sebarkan Virus Kecemasan Soal Isu Radikalisme

SHARE

Publik-News.com – Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan saat ini muncul dua pandangan terkait isu radikalisme, yakni ada pihak yang memposisikan cinta NKRI dan ada yang tidak.

Menurutnya, apabila dua pandangan ini terus dibenturkan maka akan mempengaruhi dua pihak untuk saling curiga, antara yang mayoritas dengan minoritas.

“Mau sampai kapan seperti ini? Kita sadar terdapat sejumlah masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun jika berpikir lebih jernih dan objektif, permasalahan yang berkembang masih bisa diatasi dan terus didialogkan untuk dicarikan solusi,” tutur Haedar, Senin (8/5/2017)

Haedar menyebut isu yang berkembang saat ini adalah isu SARA saat proses Pilkada DKI berlangsung. Maka itu, ia berharap semua pihak  bisa memilah dan memilih agar tidak terpancing dengan isu yang mengarah pada perpecahan.

“Maka, hendaknya perlu dihentikan pikiran-pikiran yang cenderung menggawatkan atau mendramatisasi keadaan disertai pandangan yang ekstrem, provokatif, dan berlebihan,” ujarnya.

Haedar juga berharap semua pihak untuk memiliki pandangan yang moderat dan obyektif. Karena menurutnya, bangsa ini sudah melewati berbagai rintangan sehingga tidak perlu terus-terusan memancing isu SARA untuk memecah belah NKRI.

“Masalah harus dihadapi, tetapi jangan termakan situasi. Jangan sebarkan virus kecemasan dan kewaspadaan yang berlebihan, yang menciptakan psikologi kegawatan melebihi kemestian. Di sinilah pentingnya kedewasaan, kearifan, kejujuran, dan kecerdasan para pemimpin negeri,” katanya.(Fq)

 

SHARE
Comment