Hakim Vonis Sanusi 7 Tahun Penjara

Hakim Vonis Sanusi 7 Tahun Penjara

SHARE

Publik-News.com – Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta akhirnya memberikan vonis tujuh tahun penjara pada Mohamad Sanusi.Selain itu, Sanusi juga dikenakan pidana denda Rp 250 juta subsider dua bulan kurungan.

“Menjatuhkan hukuman kepada Sanusi 7 tahun penjara denda Rp250 juta dan subsidair dua bulan kurungan,” kata Ketua Majelis Hakim, Sumpeno membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor, Jl. Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 29 Desember 2016.

Putusan ini berdalih karena Sanusi terbukti secara sah dan meyakinkan menerina suap Rp20 Miliar terkait pembahasan raperda mengenai reklamasi Pantai Jakarta, dan pencucian uang selama menjadi anggota DPRD DKI Jakarta.

Dalam kasus ini, Sanusi menerima suap dari Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APL) Ariesman Widjaja

Tekait pencabuatan hak politik yang diminta Jaksa, majalis hakim tidak sependapat karena hal itu sudah diatur dalam undang-undang.

“Soal pencabutan hak politik majelis hakim tidak sepakat karena hak politik sudah diatur undang-undang sendiri,” kata Sumpeno.

Sanusi dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 Jo. Pasal 64 Ayat (1) KUHP. (Fq)

 

SHARE
Comment