Home Hukum Hal Yang Bisa Dilakukan Warga Antisipasi Terorisme

Hal Yang Bisa Dilakukan Warga Antisipasi Terorisme

Publik-News.com – Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Martinus Sutompul menyebut masyarakat dapat melakukan sejumlah hal untuk membantu mengantisipasi terorisme. “Yang bisa dilakukan masyarakat adalah terkait pengawasan terhadap mereka yang tinggal di rumah kontrak,” katanya, Rabu (21/1/2016).

Menurutnya, untuk mengantisipasi berkembangnya jaringan teroris di rumah-rumah kontrakan, masyarakat bisa mengenalinya dengan deteksi dini. Diantaranya warga harus mengantisipasi tetangga baru yang kurang bersosialisasi dan kerap beraktifitas tanpa sepengetahuan warga.

“Yang harus diawasi yang memiliki indikasi ini. Pertama mereka yang tidak sosialisasi. Kedua yang tinggal di rumah yang sama namun berganti-ganti. Ketiga mereka yang tidak miliki pekerjaan tetap. Keempat mereka yang melakukan kegiatan-kegiatan yang tanpa sepengetahuan warga sekitar. Itu bisa jadi bahan laporan masyarakat ke Polisi,” jelasnya.

Selain melakukan empat hal langsung itu, masyarakat juga diminta waspada pada hasutan dan ajakan kelompok teroris yang belakangan menyebar di jejaring sosial atau dunia maya.

“Berikut masyarakat perlu tetap mengawasi pergerakan-perkerakan mereka lewat medsos. Terlebih soal doktrin kegiatan radikal dengan tidak ikut jadi bagian dan kemudian tidak posting ajakan-ajakan radikal dari mereka,” imbaunya.

Comment