Hamdon Zoelva: Keadilan Bisa Datang Jika Ahok Dihukum Berat

Hamdon Zoelva: Keadilan Bisa Datang Jika Ahok Dihukum Berat

SHARE

Publik-News.com – Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva meminta majelis hakim dalam memberikan vonis kepada terdakwa penista agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tidak hanya berdasar pada fakta hukum, melainkan juga bisa mempertimbangkan dari segi keadilan.

“Hukum tidak boleh berada di menara gading yang hanya jadi milik para ahli hukum, tetapi hukum harus memperhatikan denyut rasa keadilan masyarakat,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini kepada, Selasa (2/5/2017).

Apalagi, kata Hamdan, Jaksa Penuntut Umum mengakui jika Ahok terbukti melakukan penodaan agama meski dalam tuntutannya sangat mengecewakan.

Menurutnya, hakim harus bisa melihat dari keadilan dari masyarakat. Hamdan mengatakan keadilan bisa datang apabila masyarakat sudah puas dengan hukuman yang dijatuhkan. Apabila nantinya Ahok dihukum maksimal karena ada demo, menurutnya, itu adalah konsekwensi dari penodaan agama yang dilakukan Ahok.

“Tidak pernah ada kasus penodaan agama tanpa unjuk rasa, karena dengan itulah kasus itu diproses dan dibawa pengadilan dan diketahui adanya penodaan atas agama,” terangnya.(Fq)

SHARE
Comment