Hanura Keberatan Wacana Pengurangan Fraksi di DPR

Hanura Keberatan Wacana Pengurangan Fraksi di DPR

SHARE

Publik-News.com – Wacana pengurangan jumlah fraksi di DPR tengah didorong fraksi Golkar. Ide tersebut disertai penekanan supaya menjadi rumusan yang dimasukkan dalam revisi  UU MD3 tentang MPRRI, DPRRI, DPRD dan DPDRI.

Fraksi Hanura menjadi salah satu pihak yang merasa keberatan dengan kemunculan wacana itu. Alasannya, fraksi merupakan kepanjangan dari setiap partai politik masing-masing.

“Dan Parpol yang ada di DPR mencerminkan konfigurasi berbagai elemen rakyat. Jadi tidak bisa kita menafikan suara rakyat begitu saja. Khan masing-masing parpol punya platform yaang tentu beda satu dengan lainnya,” ujar Sekretaris fraksi Hanura di DPRRI Dadang Rusdianan kepada wartawan di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Dadang mengatakan setiap partai politik memiliki porsi kursi di DPR sesuai penghasilan suara yang didapatkan saat pemilu. Dengan begitu, kata dia, setiap parpol memiliki hak untuk memiliki fraksinya sendiri di DPR.

Dadang mengungkapkan pembatasan jumlah fraksi justru mempersempit makna demokrasi. Menurut dia, pembatasan fraksi justru membelakangi prinsip penghargaan terhadap keterwakilan suara rakyat di parlemen.

“Jadi berpikirnya tidak demokratis kalau tujuannya ingin mengurangi jumlah fraksi. Kita tidak sepakat,” tegasnya.(Ahmad)

Comment