Harga Cabai Meroket, Presiden Diminta Evaluasi Program Mentan

Harga Cabai Meroket, Presiden Diminta Evaluasi Program Mentan

SHARE

Publik-News.com – Melambungnya harga cabai di pasar tradisional membuat masyarakat. Di beberapa tempat, harga capai sudah menembus 100 ribu lebih perkilonya.

Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono menganggap kondisi yang seperti ini adalah hal yang tidak wajar. Mengingat, kondisi ekonomi masyarakat yang tidak stabil.

Menurut Ono, kenaikan harga cabai ini disebabkan karena tidak tepatnya kebijakan yang dikeluarkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Untuk itu, Ono meminta supaya Presiden Jokowi melakukan evaluasi terhadap sejumlah program yang dibuat oleh Menteri Pertanian.

“Presiden Jokowi harus melakukan evaluasi mendalam terhadap implementasi program-program yang selama ini dibuat oleh Mentan. Judul Program yang bagus belum memastikan hasilnya juga berjalan dengan bagus,” ujar Ono, Jumat (6/1/2017).

Apalagi, kata Ono, selama ini kebijakan dari menteri Pertanian selalu mengarah ke neoliberalisasi pangan. Hal itu tidak sesuai nawacita yang diinginkan Presiden.

Terbukti, lanjut Ono, harga gading sapi yang melambung tinggi, menteri pertanian tidak menurunkannya hingga menjadi stabil.

“Kekuatan Pasar yg pd akhirnya menentukan harga pangan di Indonesia. Produksi meningkat yg selalu digembar gemborkan Mentan hy sebagai Lips Service saja,” ungkap politisi PDI Perjuangan itu.(Fq)

 

SHARE
Comment