Heboh Hujan Abu Gunung Merapi, Kabar Itu Dipastikan Hoax!

Heboh Hujan Abu Gunung Merapi, Kabar Itu Dipastikan Hoax!

SHARE

Publik-News.com – Warga Yogyakarta dibuat panik dengan adanya berita di salah satu media online soal adanya hujan abu dari gunug merapi. Berita itu menyebar di grup Whatsapp.

Kabar itu sempat membuat warga panik. Dikerankan pada tahun 2014, Yogkakarta pernah dihujani abu dari Gunung Kelud. Terlebih trauma adanya letusan gunung merapi pada tahun 2010 tak terlupakan sampai sekarang.

Kepala Seksi Gunung Merapi, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Kusdaryanto menegaskan berita itu hoax.

Ia menyebut berita yang beredar itu merupakan informasi adanya letusan Gunung Merapi pada tahun 2010.

“Data dari alat pantau dan laporan dari tim peneliti di lapangan kondisi Merapi pagi ini statusnya normal. Tidak ada hujan abu,” tegas Kusdaryanto saat dihubungi, Sabtu (26/8/2017).

Ia menjelaskan cuaca di bagian utara Yogyakarta memang kabut. Namun, hal itu hanya disebabkan adanya angin kencang yang membawa kabut dari lereng Merapi.

“Kami mengimbau agar masyarakat tidak begitu saja percaya pada kabar yang beredar di media sosial. Masyarakat sebaiknya menunggu informasi dari BPPTKG. Biasanya jika ada perubahan aktivitas Gunung Merapi, BPPTKG akan langsung memberikan update lewat media sosial resmi milik BPPTKG,” tutup Kusdaryanto.(Fq)

 

SHARE
Comment