Home Agama Hidayatullah Protes Menag Siapkan Pedoman Bagi Penceramah

Hidayatullah Protes Menag Siapkan Pedoman Bagi Penceramah

60

Publik-News.com – Ketua Umum Dewan Pengurus Hidayatullah, Nashirul Haq memprotes rencana Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang akan membuat materi ceramah bagi para dai.

Menurutnya, rencana tersebut bisa membatasai para dai untuk memberikan materi ceramah apabila dari Menag sudah menyiapkan pedoman.

“Namun jika tidak berhati-hati maka pedoman ini bisa membatasi materi yang seharusnya disampaikan para dai dalam dakwahnya. Jadi saya pikir, materi ceramah ini tidak perlu dibatasi,” ujar Nashirul saat dihubungi, Selasa (21/3).

Ia menambahkan, Menag tidak perlu membuat pedoman atau materi bagi para dai. Karena menurutnya, selama yang disampaikan dai berisi tentang kebenaran maka tidak perlu dipermasalahkan.

“Yang dibutuhkan saat ini justru peningkatan kualitas dai melalui materi ceramah dan khutbah,” ucapnya.

“Pemerintah sebaiknya memberi dukungan agar para dai bisa dengan mudah mendapatkan referensi seperti buku, kitab, majalah Islam, dan pustaka digital Islami,” tambahnya.

Seperti diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) RI sedang menyusun pedoman ceramah terkait materi mana yang boleh dan tidak boleh disampaikan oleh penceramah di rumah ibadah. Penyusuanan itu rencananya akan melibatkan berbagai tokoh agama, dan pihak-pihak yang mempunyai kepentingan. (Fq)

Comment