Hitler Sebagai Manusia dan Beragam Keunikannya

Hitler Sebagai Manusia dan Beragam Keunikannya

SHARE

Pemimpin Partai Nazi atau NSDAP, Adolf Hitler (1889 – 1945) merupakan salah satu diktator terkuat dan paling terkenal sepanjang abad ke-20. Setelah Perang Dunia I, Hitler melenggang menuju kekuasaan melalui Partai Buruh Nasional Sosialis Jerman atau NSDAP (National Sozialistische Deutsche Arbeiter Partei) yang kemudian disingkat sebagai Nazi, meraih posisi pemerintahan sebagai Kanselir pada Januari 1933, dan setahun kemudian, ia mengangkat dirinya sendiri sebagai Presiden selepas kematian von Hindenburg, dan menyatukan kedua jabatan ini sebagai Fuehrer.

Kebijakan ekspansifnya kemudian menyulut pecahnya Perang Dunia II pada 1939. Awalnya Jerman meraih kemenangan di semua front pertempuran, sebelum akhirnya Amerika Serikat dan Uni Soviet pun ikut terjun dalam kancah peperangan, Jerman berada dalam posisi terjepit. Akhirnya Hitler bunuh diri di bunkernya pada 30 April 1945, ketika pertempuran dahsyat tengah berkecamuk di Berlin antara tentara Jerman melawan serdadu-serdadu Soviet.

Sosok Adolf Hitler menyihir jutaan orang di masanya. Bagaimana bisa seorang pria dengan masa lalu yang menyedihkan, tanpa pendidikan yang baik, miskin, dan sakit-sakitan ini, mampu mengubah Jerman dari yang awalnya adalah negara yang bangkrut total secara ekonomi akibat kekalahannya dalam Perang Dunia I, menjadi negara adidaya dunia dalam hal militer, ekonomi, dan industri dalam waktu singkat.

Kemampuan berpidatonya yang persuasif juga berhasil menggerakkan publik Jerman bersatu di bawah ambisinya, menekankan kepada mereka, bahwa ras Jerman atau yang dikenal sebagai ras Arya, adalah ras yang paling sempurna di muka bumi. Hitler juga mulai menyerang kelompok-kelompok etnik minoritas, terutama Yahudi, yang ditudingnya sebagai pengkhianat bangsa Jerman.

Karena sepak terjangnya inilah, membuat kita penasaran akan jalan kehidupan dari diktator Jerman paling fenomenal ini. Berikut ini merupakan 100 fakta mengenai Adolf Hitler yang saya kumpulkan dari berbagai sumber:

Hitler tidak lahir di Jerman, meskipun ia menjadi kanselir di Jerman. Ia lahir di Austria. Walaupun Hitler lahir di kota perbatasan antara Jerman dan Austria, dan ia lebih setia pada negeri Jerman daripada Austria (Hapsburg Empire). Hitler lahir pada tanggal 20 April 1889 pukul 18.30 pada hari Sabtu Paskah di Braunau Am Inn, Austria. Nama ‘Adolph’ berarti ‘serigala yang mulia’.

Hitler menggunakan nama samaran Herr Wolf pada awal karirnya agar tidak dikenali oleh lawan politiknya. Dia memberi nama markasnya ‘Wolf’s Lair’ atau ‘Sarang Serigala’ dan memberi nama ‘Wolf’ pada anjing favoritnya. Keluarga Hitler selama beberapa generasi menjadi keluarga petani di Waldviertel, sebuah daerah miskin di bagian barat laut Austria, yang berbatasan langsung dengan Bohemia. Orang-orang di sana terkenal akan sifatnya yang keras kepala dan tidak ramah.

Ayah Hitler, Alois, lahir pada 7 Juni 1837, di Desa Strones, sebagai hasil dari hubungan terlarang antara ibunya, Maria Anna Schicklgruber (1792-1857) dengan seorang pria tak dikenal. Ada beberapa spekulasi bahwa Johann Georg Hiedler, seorang pria yang menikah dengan Maria Anna 5 tahun setelah Alois lahir, adalah ayah biologis dari Alois.

Awalnya, ayah Hitler bernama Alois Schicklgruber tapi kemudian ia merubah namanya menjadi Alois Hitler pada tahun 1876, 13 tahun sebelum Adolf Hitler lahir. Alois mengemukakan alasan yang tidak jelas terkait perubahan namanya itu.

Alois Hitler menikah tiga kali. Pertama dengan seorang wanita yang jauh lebih tua dari dirinya, kemudian dengan seorang wanita muda yang lebih pantas untuk menjadi putrinya. Ayah Hitler adalah seorang yang otoriter, sombong, seorang suami yang dominan dan mudah tersinggung. Lama setelah pernikahannya dengan Alois Hitler, ibu Hitler masih memanggil suaminya itu dengan sebutan ‘Uncle’.

Kedua orang tua Hitler adalah penganut Katolik. Menurut Goebbels, Hitler “sangat religius tetapi sepenuhnya juga seorang anti-Kristen.” Hitler percaya bahwa Islam dan agama-agama dari Jepang lebih unggul dari Kristen karena menurutnya, Kekristenan terlalu ‘lemah lembut’ dan ‘lembek’.

Di masa kecilnya, Hitler dan keluarganya tinggal di dekat biara Benedictine, yang juga menggunakan lambang Swastika di bagian lengan jubah mereka. Bahkan, swastika telah digunakan selama ribuan tahun, sejak Zaman Perunggu. Lambang ini berasal dari India dan menyebar hingga ke Skandinavia. Misalnya, Komite Nasional Inggris menggunakan swastika sebagai lambang dalam Perang Dunia I

. Organisasi Pramuka awalnya juga menggunakan swastika sebagai lambang mereka. Selain itu, tim basket Amerika pada tahun 1909 menggunakan lambang swastika pada seragam basket mereka. Istilah ‘swastika’ berasal dari bahasa Sansekerta, su ‘baik’ + asti ‘menjadi’, yang berarti ‘keberuntungan’.

Kakak-kakak Hitler, Gustav, Ida, dan Otto meninggal saat masih bayi. Adiknya, Edmund, meninggal pada 1900 karena serangan campak. Hanya Paula, adik perempuan Hitler, yang bertahan hidup sampai dewasa.

Hitler, ketika masih berusia 4 tahun, pernah diselamatkan oleh seorang pendeta ketika ia tenggelam di sungai. Sebagai seorang remaja, Hitler membenci sekolah. Dia kemudian memuji salah seorang guru, yaitu guru sejarahnya Dr. Potsch, karena ia memperkenalkan Hitler kepada narasi dan kisah-kisah kepahlawanan dari masa lalu Jerman.

Berlawanan dengan keinginan ayahnya agar Hitler menjadi PNS, impian Hitler adalah untuk menjadi seorang seniman. Namun, ia ditolak dua kali oleh Akademi Kesenian Wina (1907 dan 1908). Kedua orang tua Hitler meninggal sebelum Hitler berusia 19. Ibunya meninggal karena kanker payudara pada tahun 1907, ketika Hitler berusia 18 tahun. Ayahnya meninggal karena pendarahan selaput paru-paru pada tahun 1903, saat Hitler masih berusia 14 tahun.

Dr. Bloch, seorang dokter Yahudi yang merawat ibu Hitler, menyatakan bahwa hampir selama 50 tahun karirnya sebagai dokter, ia belum pernah melihat seorang pemuda yang begitu terguncang dalam kesedihannya karena kematian ibunya seperti Hitler. Hitler selalu membawa foto ibunya di dalam sakunya hingga ia bunuh diri pada 30 Maret 1945.

Dr. Bloch juga tidak pernah memungut biaya untuk menangani dan mengobati keluarga Hitler karena kesulitan ekonomi yang menimpa keluarga Hitler. Kelak, ketika menjadi pemimpin Jerman, seluruh keluarga dan keturunan dari Dr. Bloch dijamin kehidupannya oleh Hitler dan dilindungi dari Holocaust. Hitler menyebut Dr. Bloch sebagai seorang Yahudi yang berhati mulia.

Hitler sempat tinggal di tempat penampungan tunawisma setelah ibunya meninggal dan setelah penolakan kedua pendaftaran masuknya ke Akademi Kesenian. Hitler dikabarkan adalah seorang vegetarian. Dia menjadi seorang vegetarian setelah melihat otopsi pacarnya, Geli Raubal, yang meninggal bunuh diri.

Penulis biografi Agustus Kubizek melaporkan bahwa di masa remaja, Hitler sangat terobsesi dengan gadis muda Yahudi bernama Stefanie Isak. Dia selalu mengintainya dan sangat ingin untuk bunuh diri bersama Stefanie. Namun sayangnya Hitler tidak memiliki keberanian untuk mengekspresikan perasaannya kepada Stefanie

Pada tahun 1913, Hitler, Leon Trotsky, Sigmund Freud, Stalin, dan Joseph Tito sama-sama tinggal di Vienna, Austria, dan jarak lokasi hunian mereka ternyata cukup berdekatan. Bahkan beberapa di antaranya kerap mengunjungi kedai kopi yang sama.

Perang Dunia I

Selama Perang Dunia I, Hitler adalah seorang prajurit yang hebat. Ia menerima medali Iron Cross, Second Class pada 1914 dan menerima medali Iron Cross, First Class pada 1918. Ia juga menerima Black Wound Badge pada 18 Mei 1918.

Perwira militer Jerman yang menganugerahi Hitler medali Iron Cross adalah seorang Yahudi. Kelak, ia ditangkap oleh SS untuk dibawa ke kamp konsentrasi, namun dilepaskan kembali setelah mereka mengetahui bahwa orang Yahudi ini ternyata pernah menyematkan medali Iron Cross kepada Hitler.

Hitler dua kali terluka parah selama Perang Dunia I. Pada bulan Oktober 1916 ia terluka oleh pecahan granat. Pada bulan Oktober 1918 ia buta sementara akibat serangan gas mustard.

Suatu ketika di tengah medan pertempuran, Hitler yang terluka di desa Marcoing, berjumpa dengan seorang prajurit Inggris, Pvt. Henry Tandey. Tandey yang seharusnya menembak Hitler yang tak berdaya waktu itu, memilih untuk tidak melukai Hitler dan meninggalkannya.

Beberapa sejarawan yang percaya bahwa Hitler memiliki seorang putra dengan remaja Perancis saat bertugas sebagai prajurit selama Perang Dunia I. Hitler dikatakan telah menjalin hubungan gelap dengan seorang wanita bernama Charlotte Lobjoie, yang berusia 16 tahun, pada bulan Juni 1917. Anak mereka Jean-Marie Loret meninggal pada tahun 1985 pada usia 67. Dia belum pernah bertemu dengan ayahnya, tapi ia turut berjuang melawan Nazi selama Perang Dunia II.

Hitler yakin kekalahan Jerman dalam Perang Dunia I disebabkan karena tentara Jerman ‘ditusuk dari belakang’ atau dikhianati oleh kaum Marxis Komunis.

Pasca Perang Dunia I: Perjalanan Menuju Kekuasaan

Perjanjian Versailles pada tahun 1919, yang menandai akhir Perang Dunia I secara resmi, mengobarkan semangat politik Hitler. Seperti kebanyakan rakyat Jerman lainnya, Perjanjian Versailles ini dianggap Hitler sebagai penghinaan yang memalukan bagi negaranya.

Hitler menggunakan Perjanjian Versailles sebagai alat politiknya. Perjanjian itu membuat Jerman menyerahkan beberapa wilayah, dikenakan sanksi ekonomi yang parah, dan bertanggung jawab atas kerugian perang. Banyak orang Jerman yang merasa bahwa perjanjian itu benar-benar mempermalukan Jerman.

Hitler dipengaruhi oleh Aufbau Vereinigung (Organisasi Rekonstruksi), sebuah kelompok yang terdiri dari orang-orang Rusia yang anti komunis dan kaum Sosialis Nasional yang dibiayai oleh industrialis kaya seperti Henry Ford.

Setelah Perang Dunia I, Hitler bertemu dengan Anton Drexler (1884-1942), seorang nasionalis yang kuat dan pemimpin Partai Pekerja Jerman (yang kemudian menjadi partai Nazi). Pada Februari 1920, Hitler dan Drexler menerbitkan 25 Butir Poin yang menolak ketentuan-ketentuan Perjanjian Versailles.

Hitler dan Drexler selanjutnya mulai memperjuangkan penyatuan kembali seluruh Jerman dan menyebarkan paham anti-Semit.

Sejarawan mencatat bahwa Hitler memiliki pidato yang mampu menghipnotis massa dan ia menggunakan karisma pribadinya ketika berpidato.

Pada awal berdirinya Partai Nazi, Adolf Hitler tercatat sebagai anggota No. 555. Sebenarnya penomoran anggota dimulai dari angka 500, agar terkesan partai ini telah memiliki anggota yang banyak.

Hitler dipenjara pada tahun 1923 karena keterlibatannya dalam Munich Beer Hall Putsch, yang merupakan upaya untuk menggulingkan pemerintahan. Selama dipenjara, ia menulis bukunya yang berjudul Mein Kampf (Perjuanganku).

Di dalam Mein Kampf, Hitler menyatakan ia pertama kali menganut paham anti-Semit ketika ia tinggal di Wina, yang merupakan pusat dari rasisme Eropa pada abad ke-19. Kebanyakan sejarawan setuju bahwa sifat anti-Semitisme muncul setelah kekalahan Jerman di Perang Dunia I.

Sewaktu di penjara akibat upaya kudetanya yang gagal, Hitler menulis surat ke dealer Mercedes Benz, memohon agar mereka memberikannya izin untuk menyicil mobil.

Ungkapan ‘Sieg Heil’ ditemukan oleh seorang pengusaha lulusan Harvard, Ernst Hanfstaengl. Hanfstaengl terkesan dengan suasana persahabatan di pertandingan sepak bola di Universitas Harvard dan berusaha untuk mensimulasikan suasana itu di pertemuan-pertemuan Hitler.

Hitler tidak pernah meraih suara mayoritas dalam pemilihan umum yang bebas. Total suara yang paling banyak diperoleh oleh Partai Nazi adalah sebesar 37,3% pada pemilu Juli 1932. Pada tahun 1933, ketika Hitler menjadi Kanselir, Nazi hanya memiliki sepertiga dari jumlah kursi di Reichstag (DPR Jerman).

Hitler baru mendapatkan kewarganegaraan resmi Jerman pada tahun 1932, setahun sebelum dirinya ditunjuk menjadi Kanselir.

Sebagai Fuehrer

Sejarawan mencatat bahwa, lebih daripada rezim Soviet Stalin atau RRC Mao, kediktatoran Hitler lebih luas menyangkut aspek-aspek kehidupan masyarakat dalam negara. Hal ini mencerminkan tingkat yang tak terduga dari represi dan kekerasan negara, manipulasi yang tak tertandingi dari media untuk mengontrol dan memobilisasi massa, kekuatan destruktif dari ideologi yang percaya akan superioritas suatu ras dan rasisme, dan penggunaan teknologi modern serta rekayasa sosial.

Rezim Hitler mampu mengungkapkan bagaimana masyarakat modern dan berbudaya Jerman dengan cepat dapat tenggelam dalam kebiadaban dan genosida. Singkatnya, kediktatoran Hitler mengungkapkan apa yang dapat terjadi pada peradaban modern manusia.

Tujuan politik dalam dan luar negeri Hitler adalah untuk mendirikan ruang hidup atau ‘Lebensraum’ bagi rakyat Jerman. Ruang hidup ini didefinisikan sebagai wilayah kekuasaan negara Jerman, di mana di dalamnya dapat dikelola dan dimanfaatkan oleh negara demi kepentingan rakyat Jerman.

Paham Rasisme yang dianut oleh Nazi menyebabkan tewasnya 11 juta orang, termasuk 6 juta orang Yahudi. Secara keseluruhan, sekitar 50-70 juta meninggal selama Perang Dunia II.

Swastika adalah simbol kuno yang melambangkan keberuntungan. Di beberapa kebudayaan, swastika yang menghadap ke kiri menggambarkan kejahatan.

Sejarawan masih berdebat hingga saat ini, apakah Hitler adalah konsekuensi alami dari sejarah Jerman atau penyimpangan dari sejarah Jerman.

Rezim Hitler sering disebut sebagai Reich Ketiga, atau Kekaisaran Ketiga. Mesin propaganda Hitler, Joseph Goebbels, sangat ambisius untuk mempromosikan terminologi ini. Reich pertama adalah Kekaisaran Romawi Suci pada Abad Pertengahan, yang kedua adalah Kekaisaran Jerman.

Selama masa pemerintahan Hitler, buku Mein Kampf, diberikan secara gratis kepada setiap pasangan yang baru menikah.

Setelah menjadi Kanselir Jerman, Hitler menjalankan gelombang pembunuhan dan eksekusi yang disebut ‘Pembersihan Darah’, yang bertujuan untuk menyingkirkan saingan politiknya di dalam Partai Nazi. Dia menyatakan bahwa tidak akan ada gejolak lebih lanjut di Jerman selama seribu tahun mendatang apabila para pemberontak dan pembangkang itu tewas. Akan tetapi, Third Reich hanya dapat bertahan selama 12 tahun!

Hitler adalah seorang orator yang berbakat tetapi memiliki suara serak, karena serangan gas mustard yang menimpanya selama Perang Dunia I.

Hitler meyakini bahwa ia memiliki daya tarik yang besar terhadap kaum wanita, sehingga ia memilih untuk melajang demi keuntungan politisnya. Sebagian besar rakyat Jerman tidak pernah menyadari siapa Eva Braun sesungguhnya hingga perang berakhir.

Eva Braun tercatat telah 2 kali melakukan upaya percobaan bunuh diri demi mendapat perhatian lebih dari Hitler.

Ketika kawan dekat Hitler, Ernst Hanfstaengl mengatakan kepada Hitler bahwa kumis pendek Hitler ketinggalan zaman, Hitler menjawab: “Jika ketinggalan zaman, maka ini karena saya yang memakainya.”

Kumis Adolf Hitler dijuluki ‘toothbrush mustache’. Tokoh terkenal lainnya yang juga menggunakan gaya berkumis ini mulai dari Carlie Chaplin, Charle de Gaulle, George Orwell, Robert Mugabe, dan Fumimaro Konoe.

Pada 1937, Hitler menciptakan medali baru, The Cross of the German Eagle Order, khusus untuk warga negara asing. Penerima pertamanya adalah Henry Ford. Hitler mengagumi Ford karena kebencian Ford terhadap orang-orang Yahudi dan ia juga telah membeli koran Dearborn Independent yang memuat propaganda anti-Yahudi. Ford juga membangun pabrik perakitan kendaraan di Berlin.

Charles Lindbergh adalah orang Amerika kedua yang menerima medali The Cross of the German Eagle Order. Lindbergh bukanlah seorang anti-Semit, tetapi ia menyarankan agar Amerika tidak menyerang Nazi karena Nazi memiliki kekuatan udara yang unggul dan bahkan Nazi mungkin lebih demokratis dari Amerika dalam bentuk pemerintahannya.

Adolf Hitler dinobatkan sebagai Man of the Year oleh Majalah Time pada 1938. Hitler juga pernah dinominasikan untuk menerima Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1939. Dikabarkan bahwa Hitler setiap harinya mengonsumsi 2 kg coklat.

Hitler pernah berencana membunuh Sir Winston Churchill, PM Inggris, dengan jalan meledakkan coklat. Bom dilapisi oleh dark chocolate yang tebal. Namun, rencana itu digagalkan oleh mata-mata Inggris.

Pada 1937, Carl Jung menganalisa tulisan tangan Hitler dan mengatakan bahwa Hitler adalah seorang tipikal karakter yang bersifat feminis. Dokter gigi pribadi Hitler, Johannes Blaschke (1881-1959) melaporkan bahwa Hitler memiliki napas yang sangat buruk, abses, dan penyakit gusi.

Dokter gigi pribadi Hitler yang lain mengoleksi lebih dari 110 pon gigi emas yang diambil dari orang-orang Yahudi korban Holocaust. Tidak diketahui apakah Hitler menggunakannya atau tidak.

Sejarawan mencatat bahwa Hitler sangat takut terkena kanker dan dua kali polip diangkat dari pita suaranya. Dia juga memiliki tekanan darah tinggi dan kram pada sistem pencernaan yang kronis. Selain itu, Hitler menderita hepatitis, yang dipicu oleh penyumbatan di sekitar kandung kemihnya.

Dokter pribadi Hitler selalu memberikan pil-pil yang diminta oleh Hitler, sehingga menyebabkan Hitler menjadi kecanduan pil. Sebagai contoh, dokter pribadi Hitler, Dr Morell memberikan stimulan Pervitin ke Hitler, yang merupakan bahan dalam obat shabu. Hitler juga menyediakan para prajurit di garis depan pertempuran dengan obat itu. Sekarang, Pervitin terkenal dengan sebutan ‘Hitler speed’.

Sebagian sejarawan meyakini bahwa Hitler juga menderita penyakit Parkinson. Adolf Hitler hanya memiliki satu buah testis. Hitler pernah memerintahkan tim phrenologist untuk mengambil ukuran tengkoraknya. Mereka kemudian menyimpulkan bahwa tengkorak Hitler mirip dengan tengkorak Napoleon dan mereka juga mengatakan belum pernah melihat tengkorak seperti tengkorak Hitler sejak Frederick yang Agung.

Ironisnya, ketika ia diadili di pertengahan dekade 20-an karena upayanya untuk menggulingkan pemerintahan, seorang profesor melaporkan bahwa Hitler seperti berasal dari ras yang buruk, dahi surut rendah, hidung jelek, tulang pipi yang luas, mata kecil, dan rambut gelap.

Hitler memiliki berat badan sekitar 72 kilogram dan tingginya kurang dari 173 cm. Berat badannya hanya perkiraan karena ia selalu menolak untuk menanggalkan pakaian bahkan untuk cek medis.

Alexander The Great, Napoleon, Hitler, dan Mussolini, semuanya mengidap Ailurophobia, atau fobia terhadap kucing.

Adolf Hitler selalu menganggap dirinya sebagai salah satu ahli taktik militer terbaik sejarah, sejajar dengan Napoleon, Scipio Africanus, Alexander, dan Kaisar Barbarossa. Ia terus meremehkan saran dan nasihat dari para jenderalnya. Salah satu sifat Hitler ini diyakini menjadi biang kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II.

Hitler menyimpan foto Henry Ford, industrialis dan pendiri industri mobil Ford asal Amerika Serikat. Hitler selalu menganggap Ford sebagai guru dan inspirasinya dalam paham anti Semit yang dianut oleh mereka berdua.

Richard Wagner adalah komponis favorit Hitler. Hitler tidak pernah belajar mengemudi, meskipun ia mempelopori perkembangan industri mobil Volkswagen. Adolf Hitler terobsesi oleh kisah-kisah petualangan koboi dan Old West asal Amerika.

Adolf Hitler adalah seorang penyayang binatang. Ia menetapkan sejumlah regulasi yang melarang perburuan dan penyiksaan terhadap binatang. Adolf Hitler juga mengorganisir kampanye anti rokok yang pertama dalam sejarah modern. Di masa pemerintahannya, jarang sekali orang yang berani merokok di depan umum. Biasanya mereka yang melanggar peraturan ini akan ditahan dan dikenai denda.

Hitler membual kepada para jenderalnya bahwa ia bisa mengangkat tangannya untuk salam hormat Nazi lebih lama daripada bawahannya. Ketika Hitler terlibat perbincangan dengan para petinggi partai dan istri-istri mereka dalam jamuan-jamuan makan malam, awalnya ia akan lebih banyak mendengarkan. Lama kelamaan, Hitler mulai dominan dalam percakapan, dan topik pembicaraan yang selalu ia sampaikan menyangkut pengalaman hidup─terutama kisah-kisah selama ia tinggal di Vienna dan saat ia berdinas dalam Perang Dunia I─dan perjalanan karirnya.

Ketika Hitler berulang tahun ke-50 pada tanggal 20 April 1939, ia mengatakan kepada para jenderalnya bahwa ia ingin agar perang segera dimulai, selama ia masih belum terlalu tua. Kurang dari lima bulan kemudian, pada tanggal 1 September, ia menginvasi Polandia dan Perang Dunia II dimulai. Di saat yang sama, presiden AS, Franklin D. Roosevelt, berusia 57 tahun, dan Sir Winston Churchill, PM Inggris, berusia 65 tahun.

Dinas Intelijen Amerika pernah mencoba untuk memasukkan hormon-hormon kewanitaan ke dalam makanan Hitler, agar ia berubah menjadi pribadi yang lebih feminin Namun upaya ini segera diurungkan.

Sebelum dimulainya Holocaust, Hitler memberi penawaran kepada Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Swedia, Uni Soviet, Australia, Kanada, dan banyak negara lainnya untuk menerima orang-orang Yahudi Jerman agar dapat mengungsi dan tinggal di negara-negara itu. Semua negara di atas menolak tawaran dari Hitler.

Ketika Hitler mengunjungi Menara Eiffel setelah Paris jatuh ke tangan Jerman, seorang pekerja memotong tali kabel lift, sehingga menggagalkan keinginan besar Hitler untuk naik ke lantai tertinggi menara. Kelak, hingga kematiannya pada tahun 1945, keinginannya ini juga masih belum diwujudkan.

Hitler pernah memiliki rencana untuk mengumpulkan ribuan artefak-artefak Yahudi, kemudian mendirikan museum yang diberi nama ‘Museum dari Ras yang Punah’. Rencana ini ingin diterapkan oleh Hitler selepas perang berakhir dan Jerman meraih kemenangan. Uniknya, rencana ambisiusnya ini tentu saja gagal karena Jerman kalah dalam perang.

Hitler belum pernah mengunjungi satu pun kamp konsentrasi yang ia prakarsai pendiriannya selama hidupnya. Saat memutuskan untuk menyerang Soviet, keputusan Hitler ini ditentang oleh sejumlah ahli strategi terbaik Jerman, seperti Heinz Guderian dan Erich von Manstein. Mereka menganggap bahwa keputusan Hitler ini adalah bunuh diri.

Pada saat pendaratan pasukan Sekutu di Normandia atau yang dikenal sebagai D-Day, Hitler sedang tertidur lelap. Para jenderalnya tidak ada yang berani untuk mengirim bantuan tanpa izin dari Hitler, namun mereka juga tak berani untuk membangunkan Hitler.

Salah seorang sepupu Hitler, William Patrick Hitler, tinggal di Liverpool ketika perang dimulai. Ketika kotanya dibombardir oleh Luftwaffe dan tempat tinggalnya luluh lantak akibat serangan itu, William Patrick memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat dan bergabung dengan Angkatan Laut Amerika untuk berperang melawan Hitler.

Hitler yang berusia 56 tahun dan Eva Braun yang berusia 33 tahun menikah pada tahun 29 April 1945 dan bunuh diri 36 jam kemudian.

Dalam wasiat terakhirnya yang ia diktekan kepada sekretarisnya Traudl Junge (1920-2002), Hitler menyatakan bahwa, “Perang ini, suatu hari akan turun dalam sejarah sebagai manifestasi paling mulia dan heroik dari kehendak rakyat untuk hidup”.

Hitler Masih Ada Di Tengah Kita

Warisan langsung Adolf Hitler terhadap dunia adalah fenomena Perang Dingin, pemisahan Jerman menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur, Tirai Besi Eropa, dan perlombaan angkasa atau space race antara Uni Soviet dan Amerika.

Gereja Mormon menyatakan bahwa mereka membaptis dan menganugrahi Hitler pada 1993. Dia lalu disegel dan direinkarnasikan kembali pada 12 Maret 2994 dan akan dilahirkan di Inggris.

Sebuah toko pakaian bernama ‘Hitler’ dibuka di kota Ahmedabad, India. Kafe bertema Nazi dengan nama Soldatenkaffee juga dibuka di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Pada 2009, tes DNA menyatakan bahwa tulang tengkorak (yang berlubang karena tembakan peluru) yang sebelumnya diyakini sebagai tengkorak milik Hitler, ternyata adalah milik seorang wanita berusia di bawah 40 tahun. Tengkorak ini juga bukan merupakan tulang tengkorak Eva Braun, mengingat Eva Braun bunuh diri dengan cara menenggak sianida, bukan menembakkan pistol ke kepalanya.

Melakukan salam hormat ala Nazi termasuk dalam tindak pidana kriminal di beberapa negara, seperti Jerman, Austria, Ceko, Swiss, Slovakia, dan Belanda. Pada tahun 2010, suami-istri yang menamai Adolf Hitler dan Bangsa Arya ke dua anak mereka kehilangan hak asuh untuk keempat anaknya. Pengadilan New Jersey memutuskan untuk menempatkan anak-anak mereka dalam perawatan negara, dan pengadilan juga menyatakan bahwa ini tidak ada hubungannya dengan nama anak-anak mereka, tetapi ada bukti yang cukup mengenai terjadinya penyalahgunaan atau kelalaian dan kekerasan dalam rumah tangga.

Itulah sejumlah fakta yang mengubah pandangan kita mengenai seorang Adolf Hitler sebagai manusia. Selain mengenalnya sebagai diktator fasis yang rasis, manipulatif, dan sembrono, ternyata Hitler juga adalah seorang anak yang mencintai ibunya, seorang prajurit yang berani, seorang pria yang berkharisma dan tahu berbalas budi. Bahkan kepada orang Yahudi, nemesis dari Hitler, ia juga tetap berbalas budi. Hitler juga menjadi teladan bagi para pejabat: Hitler menentang keras korupsi dan penyalahgunaan fasilitas negara.

Selama 12 tahun menjadi pemimpin negara Jerman, kekayaan Hitler sebagian besar didapatkannya dari royalti penerbitan buku-bukunya. Terlepas dari sifat ruthless pragmatism dan rasisnya, Hitler meletakkan kepentingan rakyat dan negara Jerman di atas segala-galanya. Ia mungkin melakukan banyak kesalahan, tetapi ia tetaplah manusia biasa dengan segala kelemahan dan kebaikannya.

Referensi:
Adolf Hitler – wikipedia.org
17 Strange Facts About Adolf Hitler – nearotama.com/2007/09/17/17-strange-facts-about-hitler/
The Rise of Adolf Hitler – historyplace.com
A Biography of Adolf Hitler: Early Days (1889 – 1908) – secondworldwar.co.uk
Adolf Hitler and Holocaust – auschwitz.dk/hitler.html
Adolf Hitler – jewishvirtuallibrary.org/jsource/Holocaust/hitler.html dan dilansir fachrizalfaruk.blogspot.co.id

SHARE
Comment