HMI Jogja Gelar Diskusi Penyelesaian Krisis Kemanusiaan Luar Negeri

HMI Jogja Gelar Diskusi Penyelesaian Krisis Kemanusiaan Luar Negeri

SHARE

Publik-News.com – Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Yogyakarta menggelar dialog publik bertema “Politik Luar Negeri Terkait Penyelesaian Isu-Isu Kemanusiaan di Kawasan: Myanmar, Afganistan, dan Palestina”, Acara ini berlangsung di kantor HMI Cabang Yogyakarta, Sabtu (23/9/2017).

Diskusi ini bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terbuka untuk umum. Hadir sebagai narasumber Deputy Director di Dukungan Strategis Pimpinan Kemenlu, Achmad Rizal Purnama.

Salah satu ketua bidang HMI Cabang Yogyakarta Moh. Latif S memaparkarkan dialektika politik luar negeri yang dapat menjadi polemik hubungan bilateral negara-negara di kawasan negara ASEAN dalam menyongsong Indonesia kedepan.

“Ada empat masalah penting yang sedang dihadapi oleh negara-negara di kawasan ASEAN, yaitu kemiskinan, kesenjangan, perubahan iklim, sengketa perbatasan, dan konflik internan,” ujar Latif, Sabtu, (23/09/2017)

Menurut Latif, HMI tak boleh diam ketika ada penindasan. Sebaliknya, organisasi kemahasiswaan ini harus memberikan pertahatian serius serta ikut mencarikan solusi atas peristiwa yang tidak sesuai dengan perikemanusiaan.

“Maka, kami melalui dialog publik ini, memberikan perhatian yang lebih besar mengenai upaya penyelesaian aksi kekerasan yang dialami etnis minoritas Rohingya.”

Ketua Umum HMI Cabang Yogyakarta Elvi Suharni mengatakan hal yang sama. Dia mengatakan bahwa organiasasi yang dipimpinnya mendukung penuh pemerintah Indonesia membantu penyelesaian krisis kemanusiaan di Rakhine State tersebut.

“Pada situasi ini, kami mendukung pemerintah Indonesia memobilisasi PBB untuk membantu myanmar, agar pemerintah Myanmar membuka akses untuk bantuan kemanusiaan dan mematuhi hukum internasional,” timpal Elvi. (TK).

 

Comment