HTI Dibubarkan, Komisi III DPR Dorong Lawan Secara Hukum

HTI Dibubarkan, Komisi III DPR Dorong Lawan Secara Hukum

SHARE

Publik-News.com – Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyarankan ormas Hizbut Tahrir (HTI) melawan secara hukum atas keputusan pemerintah mencabut status badan hukumnya. Menurutnya, keputusan pencabutan itu sah-sah saja dilakukan.

“Ini sah-sah saja, tapi apakah langkah itu tepat. HTI punya cara melakukan perlawanan melalui pengadilan. Nanti bertemu di pengadilan untuk saluran melakukan perlawanan,” ujar Bamsoet di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (19/7/2017).
Bamsoet menilai sudah mejadi kewenangan Kemenkumham untuk membubarkan ormas yang dianggap bertentangan dengan ideologi pancasila.

“Apa yang dilakukan oleh KUMHAM dibenarkan, jadi kewenangan untuk melakukan tindakan pada ormas yang tanda petik mengancam atau berpotensi menganggu persatuan dan kesatuan NKRI,” tuturnya.

Sebelumnya, Kemenkum HAM resmi mencabut status badan hukum HTI. HTI dibubarkan demi menjaga keutuhan NKRI.

“Mengenai ormas perkumpulan HTI sesuai penemuan tanggal 8 Mei 2017, pemerintah perlu mengambil langkah hukum terhadap HTI,” ungkap Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkum HAM, Freddy Harris saat mengumumkan pembubaran HTI di Kantor Kemenkum HAM, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2017).(Fq)

 

SHARE
Comment