HTI Dibubarkan, MA: Tunggu Putusan Pengadilan

HTI Dibubarkan, MA: Tunggu Putusan Pengadilan

SHARE

Publik-News.com – Mahkamah Agung (MA) mengaku tidak keberatan jika pemerintah ingin membawa ke pengadilan terkait keputusannya untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).
“Pada prinsipnya kami pengadilan menerima pengajuan, memeriksa perkara dan memutuskan perkara,” ujar Kabiro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur saat dikonfirmasi, Selasa (9/5/2017).
Namun demikian, apakah nantinya HTI dibuburkan atau tidak, menurutnya tergantung dari fakta persidangan dan keyakinan hakim

“Masalahnya apakah akan diputus hakim dikabulkan atau tidak, itu adalah kewenangan majelis hakim nanti yang menyidangkan,” ujarnya.
Ridwan mengaku sampai saat ini belum ada surat pengajuan dari pemerintah untuk dibawa ke pengadilan. Namun, terkait pengadilan mana yang berhak menyidangkannya tergantung dari pemerintah,

“Mengenai pengadilan itu terserah pihak yang akan mengajukan, pada prinsipnya kami akan menerima semua pengajuan baik di peradilan umum atau pun di pengadilan tata usaha negara (PTUN)” ucapnya.

Ridwan memastikan jika pemerintah nantinya mengajukan ke pengadilan, majelis hakim yang menanganinya akan tetap independen.

“Siapa pun yang berperkara di pengadilan majelis hakim pasti independen,” pungkasnya. (Fq)

 

 

SHARE
Comment