HUT ke 51, KAHMI Ingin Wujudkan Keadilan, Menyatu dalam Kebhinekaan

HUT ke 51, KAHMI Ingin Wujudkan Keadilan, Menyatu dalam Kebhinekaan

SHARE

Publik-News.com – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) kembali merayakan Hari Ulang Tahunnya ke 51 di gedung Jakarta Convention Center Senayan Jakarta, Selasa (19/9/2017). HUT KAHMI ini bertema “Mewujudkan Keadilan, Menyatu Dalam Kebhinekaan”.

Ketua KAHMI, IR. Ismet Djafar menceritakan soal awal berdirinya KAHMI di Solo Jawa Tengah pada 17 September 1966 silam. Ketika Generasi Eksponen 66 melahirkan Orde Baru, maka muncul harapan bahwa Orde Baru yang menggatikan Orde Lama akan mewujudkan keadilan sosial dan keadilan hukum.

Dan ppada Tahun 1998, Orde Baru runtuh dan NKRI masuk ke Era Reformasi. Harapan baru muncul lagi, reformasi menjadi tumpuan harapan untuk terwujudnya keadilan dan memperkuat persatuan nasional dalam kebhinekaan.

“Kenyatannnya, 19 tahun Era Reformasi, keadilan serta kesatuan dan kebhinekaan masih menjadi wacana yang menghiasi ruang-ruang kehidupan kebangsaan kita. Ketimpangan pembangunan masih dirasakan, ketidakadilan hukum juga menjadi PR yang belum selesai,” ujar Ismet dalam siaran persnya.

Ismet mengingatkan tentang banyaknya alumni HMI yang tersebar pada semua aspek kehidupan yang akan membawa konsekuensi adanya perbedaan cara pandang, pemikiran dan kepentingan. Nilai pluralitas ini, kata dia, merupakan sesuatu yang inheren bagi keluarga besar KAHMI. Tetapi, satu hal yang mendasari dan mempererat ikatan psikologis segenap alumni HMI yaitu adanya kesamaan historis dan misi perjuangan. untuk memajukan umat dan Bangsa.

“Oleh karena itu, KAHMI sebagai organisasi kecendekiaan merupakan tempat berkumpulnya berbagai ide, gagasan dan pemikiran para kader HMI,” katanya.

Menurut Ismet, dalam momentum peringatan Ulang Tahun ke- 51 ini, KAHMI memberikan pesan penting bahwa Mewujudkan Keadilan adalah keharusan universal dan menyatu dalam kebhinekaan adalah keniscayaan.

Dalam peringatan kali ini jajaran KAHMI dari Aceh hingga Papua melaksanakan berbagai kegiatan antara lain: 1) Seminar dan Diskusi 2) Kegiatan Sosial dan 3) Resepsi HUT Ke-51 KAHMI.

Untuk Kegiatan yang dilaksanakan oleh Panitia Tingkat Nasional antara lain:

Pertama, dialog Nasional dengan tema Mewujudkan Keadilan, Menyatu Dalam Kebhinekaan. yang dilaksanakan pada tanggal 19 September 2017 di JCC Senayan Jakarta dengan Pembicara Utama Kapolri Jenderal (Pol) H. Muhammad Tito Karnavian, MA, PhD dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Dr. Halim Alamsyah, SE, SH, MA.

Kedua, kegiatan Sosial antara lain Donor Darah, Kunjungan Silaturahmi ke Senior KAHMI, Ziarah ke Makam Tokoh HMI/KAHMI dan Tokoh/Pahlawan Nasional yang berjasa untuk HMI/KAHMI.

Ziarah dipimpin oleh Dr. Ir. Akbar Tandjung ke makam Pendiri HMI Prof. Lafran Pane di Yogyakarta dan Makam Jenderal Besar Panglima APRI Soedirman di TMP Kusumanegara Yogyakarta pada tanggal 31 Agustus 2017. Jenderal Sudirman terkenal dengan ungkapannya pada Dies Satu Tahun HMI 1948 di Yogyakarta yaitu : HMI tidak hanya singkatan dari Himpunan Mahasiswa Islam tetapi juga Harapan Masyarakat Indonesia. Dan betul, terbukti dalam perjalanannya selama 70 tahun, HMI membuktikan pengabdiannya dengan menyumbangkan kader kader untuk pembangunan NKRI.

Kemudian Pemotongan Tumpeng, Doa bersama dan Ziarah ke Makam Tokoh KAHMI dan Tokoh/Pahlawan Nasional yang berjasa kepada HMI di TMP Kalibata dan TPU Tanah Kusir pada tanggal 17 September 2017. Ziarah ke TMP Kalibata ke makam Jenderal Besar AH Nasution, Jenderal Achmad Yani, Nurcholish Madjid, Imaduddin Abdul Rahim, Tamizi Taher dan Taufiq Kiemas. Ziarah di TPU Tanah kusir ke makam : Bung Hatta (Moh Hatta), Achmad Tirtosudiro, Dahlan Ranuwihardjo, HMS Mintaredja, Buya Ismail Hasan Metareum, KH Saifuddin Zuhri, Mar’ie Muhammad, Aniswati Rochlan, Machnan Kamaluddin, Adi Sasono, Azrul Azwar, Jusuf Syakir, Kartini Fahmi Idris dan Yulia Harun Kamil. Kemudian Bakti Sosial Pengobatan Umum serta Penyuluhan dan Pemeriksaan Gigi Anak-Anak yang dilaksanakan tanggal 16 September 2017 di KAHMI Center Jakarta.

Untuk kegiatan Donor dan Diskusi Kesehatan pada 23 September 2017 serta lanjutan Kunjungan Silaturahmi ke beberapa Senior KAHMI pada akhir September yang akan datang.

Ketiga, puncak acara adalah Resepsi HUT Ke-51 KAHMI, dilaksanakan hari ini tanggal 19 September 2017 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta. Acara ini akan diisi berbagai acara termasuk Orasi HUT KAHMI oleh Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI Prof. Dr. Moh. Mahfud MD, Sambutan oleh Ketua Majelis Penasehat KAHMI Dr. Ir, Akbar Tandjung dan Ketua Komisi Yudisial Prof. Dr. Aidul Fitriciada Azhari SH, dan dihadiri Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri dan Pejabat setingkat Menteri, Tokoh-tokoh nasional, pimpanan Partai dan Ormas Tingkat Pusat, Pimpinan Perguruan Tinggi, Keluarga Besar KAHMI dari semua Propinsi, PBHMI serta kader –kader HMI se Indonesia dan lain-lain.

Pada acara HUT ke51 ini, KAHMI memberikan penghargaan kepada Almarhum Munir Said, SH aktivis HMI Cab Malang sebagai Pejuang HAM. Panitia memberikan tali asih sebesar Rp25 juta sebagai dana bantuan pendidikan untuk ananda dari Almarhum Munir. Selain itu, karena kelahiran KAHMI bersamaan dengan kelahiran KOHATI (Koprs HMI Wati), pengharhagaan juga diberikan kepada Bapak Syafei Atmodiwiryo dan Ibu Ida Ismail Nazar Nasution sebagai pencipta Mars Kohati.

Dia menambahkan bahwa panitia juga melakukan inisiasi pengumpulan dana kemanusiaan untuk ROHINGYA dengan donasi awal Rp.25 juta. Dana akan diserahkan kepada Majelis Nasional KAHMI untuk diteruskan kepada lembaga Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) yang dibentuk oleh Kementerian Luar Negeri RI bersama Ormas-Ormas Islam. (PN)

SHARE
Comment