ICW Protes Fahri Diizinkan Bertemu Tersangka Yang Terkena OTT KPK

ICW Protes Fahri Diizinkan Bertemu Tersangka Yang Terkena OTT KPK

SHARE

Publik-News.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) heran Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah datang ke Mapolres Jakarta Timur kemudian  menjenguk tahanan KPK, auditor utama BPK, Rochmadi Saptogiri.

Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik (MPP) ICW Febri Hendri mengatakan kedatangan Fahri harus dipertanyakan apakah sudah mendapat izin dari KPK.

“Pertanyaannya, apakah sudah ada izin dari KPK atau tidak. Kalau belum ada izin maka harusnya jangan. Dan kalau menurut kami dalam proses penyidikan, ini kan operasi tangkap tangan, KPK kan harus menjaga semua informasi itu dulu supaya tidak ada pelebaran informasi. Harusnya dijaga dulu, steril dulu itu tersangkanya,” ujar Febri Hendri, Selasa (30/5/2017).
Febri juga mempertanyakan alasan Fahri datang ke Polres Jaktim untuk memantau kinerja pelayanan selama dua bulan. Menurutnya, tahanan yang sedang dalam proses hukum harus dijaga dari segi komunikasinya supaya informasi tidak bocor ke luar.

“Iya, tidak bisa mantau, itu kan lagi proses hukum. Itu kan berarti bisa mendapat informasi lebih dulu daripada KPK. KPK saja belum selesai memeriksa, kok Fahri lebih dulu bertemu dengan mereka. Saya kira KPK tidak boleh mengizinkan itu,” tanggapnya.

“Kalau menurut kami seharusnya KPK tidak mengizinkan, kepolisian juga tidak mengizinkan tahanan bertemu dengan Fahri. Apa urusannya Fahri bertemu dengan mereka?” sergahnya.
Febri menyebut sangat  mungkin Fahri saat ini mendapatkan informasi dari tersangka. Maka itu, tinggal bagaimanma sekarang KPK mengimbangi informasi yang diperoleh Fahri.

“Kalau Fahri kita tahu dia ingin berbeda dari KPK, itu saja. Kalau KPK melakukan ke arah kiri, dia ke kanan. Kalau KPK ke kanan, dia ke kiri, selalu begitu,” tuturnya.(Fq)

SHARE