Ikut Demo, Anies Baswedan Tegaskan Yerusalem Milik Palestina

Ikut Demo, Anies Baswedan Tegaskan Yerusalem Milik Palestina

SHARE

Publik-News.com – Gubernur DKI Anies Baswedan tak ikut meramaikan aksi bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017). Menggunakan peci hitam dan kemeja warna putih, Anies juga tampak terlihat menggunakan selendang khas Palestina.

Saat tiba di kawasan Monas, orang nomor satu di pemerintahan DKI Jakarta itu sempat bersalaman dengaan peserta massa aksi. Anies kemudian menaiki panggung untuk menyampaikan orasinya.

Anies menyampaikan keputusan sepihak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yerusalem, Palestina, sebagai ibu kota Israel, tak dapat diterima dengan akal sehat. Keputusan Trump itu, kata Anies harus ditolak.

“Kami menentang keputusan Donald Trump. Kami tetapi mengakui Yerusalem milik Palestina,” ujar Anies

Menurut Anies, apa yang sudah diputuskan Donald Trump soal Yerusalem merupakan keputusan keliru. Karenanya, kata Trump, umat Islam di seluruh dunia, khususnya di Indonesia, jangan membiarkan keputusan sepihak trum tersebut.

“Kita semua menyadari bahwa keputusan Presiden Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel itu keputusan yang keliru, fatal kelirunya,” katanya.

Selain mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, Donald Trump juga akan memindahkan kantor Kedutaan Besarnya AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. Indonesia sebagai negara yang berpduduk mayoritas Islam, kata Anies, harus terus memberikan dukungan kepada Palestina untuk menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.

“Pada tahun 1944, mufti besar Palestina telah mengeluarkan dukungan untuk kemerdekaan kita. Dan hari ini kita terus mendukung kemerdekaan Palestina,” tukasnya. (PN)

Comment