Home Ekonomi Kreatif Ingatkan Pemeritah, Ms Kaban Beberkan Beberapa Negara Yang Bangkrut Karena Tak Mampu...

Ingatkan Pemeritah, Ms Kaban Beberkan Beberapa Negara Yang Bangkrut Karena Tak Mampu Bayar Utang

Publik-News.com – Meningkatnya utang pemerintah menjadi sorotan. Ada perbedaan angka yang diklaim pemerintah soal utang di masa pemerintahan Joko Widodo ini.

Saat ini utang pemerintah tembus Rp 4000 triliun lebih. Sementara Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan total uutang pemerintah berada diangka Rp 7000 triliun.

Kenaikan angka utang pemerintah yang disebut Enny tersebut terdiri dari total utang pemerintah dan swasta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengatakan bertambahnya utang pemerintah dipergunakan diantaranya untuk membangun infrastruktur.

Ketua Majelis Syura Dewan Pimpinan Pusat Partai Bulan Bintang (DPP PBB) Ms Kaban mengatakan pembayaran bunga dan utang negara menjadi tanggungjawab rakyat Indonesia meski peminjaman utang pemerintah itu ditandatangani oleh Presiden.

“Tdk ada sanksi apapun kpd President berhutang karena berapapun hutang yg ditanda tangani pasti mnjadi tanggung jawab President yad,” cuit Kaban melalui akun Twitternya@hmskaban, Kamis (22/3/2018).

Cuitan Kaban berikutnya menyebut salah satu negara di Afrika selalu menolak ketika ditawari pinjaman luar negeri. Negara itu adalah Sudan. Negara yang terletak di timur laut benua Afrika ini, menurut Kaban, menjadi negara yang dapat menjaga kedaulatan ekonominya.

“Sudan salah satu negara di Afrika yg tdk pernah mau berhutang dan selalu menolak tawaran pinjaman luar negeri.Sudan berdaulat bangun kekuatan ekonomi nya,” katanya.

Menurut Kaban, pemerintah tidak masalah menambah utang. Tapi, hal itu harus diukur dengan kemampuan ketika pemerintah hendak membayar utang berikut bunganya. Sebab, kedaulatan negara akan tergadai jika pemerintah tidak mampu membayar utang. Kaban menyebut beberapa contoh negara yang gagal membayar utang.

“Sdah bnyk contoh negara gagal akbat misleading hutang luar negeri yg bermuara pada kebangkrutan bukankah Spain Italy dl Argentina dan Brazil mengalami gagal bayar,” tukas Kaban. (PN)

 

 

Comment