Ingin Kembali ke Jakarta Gratis, Ini Syarat dari Kemenhub

Ingin Kembali ke Jakarta Gratis, Ini Syarat dari Kemenhub

SHARE

Publik-News.com – Kementerian Perhubungan kembali membuka program mudik gratis bagi masyarakat yang hendak kembali ke kota Jakarta setelah merayakan Idul Fitri di kampubg halaman masing-masing.

Kepala Biro Komunikasi Kemenhub J.A. Barata mengatakan, bahwa program mudik gratis arus balik dengan moda kapal laut tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak kembali ke ibu kota dengan menggunakan sepeda motor.

Program tersebut bertujuan untuk mengurangi arus kepadatan lalu lintas pengguna sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan sepeda motor yang mendominasi di setiap musim lebaran serta mengurangi penggunaan sepeda motor untuk jarak jauh, katanya lebih lanjut.

“Yang paling penting dengan adanya program arus balik-mudik gratis ini adalah memberikan pelayanan mudik yang selamat, aman, lancar dan nyaman bagi para pengguna sepeda motor,” jelas Barata dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa (27/6/2017).

Adapun program yang dilaksanakan oleh Ditjen Perhubungan Laut tersebut akan melayani pemudik dengan kendaraan roda dua dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada tanggal 29 dan 30 Juni serta 2, 4 dan 6 Juli.

Pelayaran yang memakan waktu kurang lebih 14 jam tersebut akan ditempuh dengan menggunakan kapal KM. Mutiara Sentosa III milik PT. Atosim Lampung Pelayaran dan KM. Dobonsolo milik PT Pelni.

“Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mengimbau para calon pemudik sepeda motor untuk mengurangi atau tidak menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh, manfaatkanlah program Mudik Gratis dari Kementerian Perhubungan,” ujar Barata.

Iapun menjelaskan bahwa pendaftaran program mudik gratis dapat dilakukan secara daring ataupun langsung di lokasi.

Pendaftaran daring sapat dilakukan dengan mengakses alamat http://www.mudikgratis.dephub.co.id, sementara pendaftaran langsung dapat dilakukan dengan mendatangi Konter Registrasi pada hari-hari keberangkatan yang telah disebutkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. “Persyaratannya harus memiliki KTP, SIM C dan STNK sepeda motor,” jelas Barata.

Ada pun total kuota untuk mudik gratis arus balik Kapal KM mutiara Sentosa III adalah 500 sepeda motor dan 1000 penumpang sedangkan untuk kapal KM Dobonsolo adalah 5000 sepeda motor dan 10.000 penumpang. (RI)

Comment