Ini Alasan Beberapa Parpol Ogah Dukung Ridwan Kamil

Ini Alasan Beberapa Parpol Ogah Dukung Ridwan Kamil

SHARE

Publik-News.com – Pengamat politik dari Pusat Studi Islam dan Kenegaraan (PSIK) Indonesia Arif Susanto menjelaskan perihal pencalonan Ridwal Kamil di Pilgub Jabar yang tidak mendapatkan dukungan dari beberapa partai politik.

Menurutnya, ada tiga perseoalan Wali Kota Bandung itu tidak mendapatkan dukungan dari beberapa parpol. Pertama, pria yang disapa Kang Emil itu terburu-buru menyatakan tidak mau menjadi cawagub.  Padahal nilai tawarnya masih lemah.

“Pertama, posisi tawar RK terhadap partai-partai besar masih lemah, sementara dia tidak ingin menjadi cawagub,” kata Arif saat dihubungi, Rabu (9/8/2017).

Kedua, Kang Emil mempunyai hubungan buruk dengan Gerindra sehingga memicu perpol lain pikir ulang untuk mendukungnya. Kemudian, soal komunikasi Kang Emil dengan warga di luar bandung kurang optimal.

Arif menyebut persoalan ini bisa diselesaikan dengan cara Kang Emil melakukan komunikasi dengan LSM ,Ormas, dan beragam afiliasi kemasyarakatan yang bersifat lintas sektor

“Yang cukup strategis adalah keluar dari kepompong politik untuk muncul sebagai pemimpin Jabar, bukan sekadar pemimpin Bandung,” ucap Arif.

Sejauh ini, Kang Emil hanya mendapatkan dukungan dari Partai Nasdem. Sementara Golkar dan PDIP sudah sepakat berkoalisi mengusung Dedi Mulyadi. Untuk Gerindra dan PKS dipastikan tidak akan memberi dukungan karena kedua partai itu ingin mengusung calon lain. (Fq)

SHARE
Comment