Ini Dia Kegiatan HTI Yang Tidak Dilarang Polisi, Apa Saja Itu?

Ini Dia Kegiatan HTI Yang Tidak Dilarang Polisi, Apa Saja Itu?

SHARE

Publik-News.com – Polisi melarang segala aktivitas dan kegiatan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Hal ini dikarenakan pemerintah secara resmi telah mencabut status badan hukumnya. Namun, ada beberapa hal yang tidak dilarang polisi dari HTI, apa saja itu?

“Yang jelas ketika mereka mengatakan itu sebagai badan hukum sudah nggak boleh, dilarang kan. Tapi kalau dia mengatasnamakan pribadi-pribadi ya nggak masalah. Nggak bisa ditindak. Kan yang dibubarkan badan hukumnya,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto¬†saat dihubungi, Kamis (20/7/2017).

Ia menambahkan, pihaknya juga tidak melarang melakukan pertemuan organisasi. Namun, tidak boleh menggunakan ruang publik dan mengerahkan massa.

“Mengatasnamakan badan hukum, menggunakan fasilitas publik, atau di ruang publik, di tempat umum nggak boleh. Tapi kalau di kantornya dia sementara boleh lah. rapat-rapat di kantornya dia gitu,” ungkap Setyo.

“Ya kalau cuma rapat 10 orang di rumah sendiri nggak apa-apa. Kalau yang rapat misalnya 200 orang kan masang tenda, masang ini, sudah nggak boleh. Itu sudah kegiatan badan hukum. Sementara itu,” imbuhnya.

Selain itu, kata dia, para anggoatannya diperbolehkan mengikuti kegiatan seperti pengajian. Asalkan, kegiatan itu tidak ada unsur politik.

“Yang penting pengajian ya pengajian. Jangan pengajian, tapi politik isinya,” tutur Setyo

“Prinsip kalau itu badan hukum dan dia mengatasnamakan organisasi nggak boleh. Tapi kalau dia orang perorang, kemudian berkumpul, 3-4 orang, ngaji bersama-sama, ya kita nggak bisa melakukan apa-apa,” imbuhnya menegaskan.(Fq)
 

 

 

 

SHARE
Comment