Ini Sebab Islamophobia di Perancis

Ini Sebab Islamophobia di Perancis

SHARE

Sebuah penelitian yang dilakukan seorang sejarawan dan sosiolog asal Perancis menemukan bahwa buku-buku pelajaran di negaranya sejak awal telah mengajarkan para siswa untuk bersikap rasis terhadap Islam dan kaum Muslimin.

Dalam penelitian yang dilakukan Francois Diorber dan Beatrice Mabellon- Bonfils terhadap 15 buku pegangan murid dan 9 buku pegangan bagi tenaga pengajar menyatakan, “Buku-buku ini hanya membahas Islam dari segi perang dan konflik internasional yang terjadi di zaman sekarang.”

Menurut Francois dan Beatrice, kosakata seperti agresi, politik Islam, terorisme, serangan 11 September, organisasi Al Qaeda, banyak muncul dalam buku-buku sejarah dan pendidikan yang diajarkan kepada siswa. “Hal ini secara tidak langsung menjadikan anak-anak membenci Islam dengan gambaran yang ada, tanpa mengenalnya terlebih dahulu,” ujar keduanya dalam hasil penelitian yang diterbitkan majalah La Monde, Perancis.

Keduanya sepakat bahwa pihak penerbit buku menjadi pihak yang bertanggung jawab penuh atas isu buku pelajaran yang justru menimbulkan kebencian kepada agama tertentu dan perpecahan di kalangan masyarakat Perancis. (Almasryalyoum/Ram/Eramuslim.com)

 

SHARE
Comment