Ini Upaya Bulan Sabit Merah Bulan Bintang Bantu Muslim Rohingya

Ini Upaya Bulan Sabit Merah Bulan Bintang Bantu Muslim Rohingya

SHARE

Publik-News.com – Dalam rangka meringankan penderitaan saudara Muslim etnis Rohingya di wilayah Provinsi Rakhine, Myanmar, Pimpinan Pusat Bulan Sabit Merah Bulan Bintang (PP-BSM-BB), membuka Donasi BSMBB Peduli Rohingya.

Ketua umum Bulan Sabit Merah Bulan Bintang (BSMBB), dr. Agus Ujianto mengatakan, Bulan Sabit Merah Bulan Bintang dan Bulan Sabit Merah Kesejahteraan Umat mengajak masyarakat indonesia untuk peduli dan menyalurkan bantuan ke lembaga-lembaga sosial yang menampung dana tenaga dan pikiran guna membantu rakyat Rohingya.

“Jika melalui BSMBB / BSMKU bisa dilewatkan melalui rekening Bank Syariah Mandiri (451) Yayasan BSMKU, dengan Nomor Rekening 752 2222253. Bantuan yang terkumpul akan dititipkan ke lembaga yang berangkat dan relawan BSMBB/KU yang berangkat sesuai jadwal,” kata dr. Agus, Jumat (8/9//2017).

Agus menjelaskan, BSMBB telah berkoordinasi dengan LSM di bidang Kesehatam, Sosial dan Lembaga Pemerintah guna menghantarkan bantuan dan donasi dari masyarakat Indonesia kepada saudara-saudara Muslim di Rohingya.

“PP-BSM-BB Juga sudah berkoordinasi dengan LSM Kesehatan, Sosial dan LSM lainnya serta juga dengan Lembaga yang dikoordinasi pemerintah untuk menyalurkan bantuan ke lembaga yang akan membangun rumah sakit kemanusiaan di Rohingya serta. BSMBB juga telah menyiapkan relawan kesehatan untuk diberangkatkan ke Rohingya,” jelasnya.

Agus menambahkan, BSMBB Pusat memerintahkan kepada BSMBB di Provinsi (Wilayah) dan di Kabupaten/Kota (Cabang) untuk mempermudah jaringan dan memperluas capaian kesukarelawanan kesehatan dan sosial dengan bahu membahu saling menolong dan melengkapi dengan lembaga yang sudah ada baik dibawah naungan pemerintah maupun non goverment organization.

“Untuk mempercepat komunikasi maka segenap relawan dan kepengurusan wilayah dan cabang bisa mengisi formulir melalui online di website ini www.bsmbb.org ,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, kurang lebih 38 ribu warga Rohingya telah keluar dari Rakhine dan sebagian mereka masih terlunta-lunta. 400 orang Rohingya dibantai dengan senjata oleh militer dan kelompok garis keras kaum Budha. Sekitar 20 ribu etnis Rohingya yang pada saat ini terlunta-lunta dan tidak diperbolehkan masuk ke wilayah negara-negara yang mereka tuju. (PN)

SHARE
Comment