Home Hukum Irman Gusman Divonis 4,5 Tahun Penjara

Irman Gusman Divonis 4,5 Tahun Penjara

Publik-News.com – Ketua Majelis Hakim Nawawi Pamulango menjatuhkan vonis 4 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 200 juta dengan subsider 3 bulan kurungan terhadap Mantan Ketua DPD Irman Gusman.

Ia mengatakan Mengadili, menyatakan terdakwa Irman Gusman terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi, yakni menerima suap Rp 100 juta dari pengusahan gula sumatera Barat

“Menjatuhkan pidana penjara selama empat tahun dan enam bulan dan denda sebesar Rp 200 juta, dengan ketentuan apabila tidak membayar denda diganti dengan hukuman kurungan selama 3 bulan,” kata Nawawi.

Sementara itu, anggota majelis hakim Franky Tambuwun berpendapat apa yang diterima Irman terkait suap gula ini melanggar Pasal 12 huruf b UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

“Majelis hakim berpendapat bahwa unsur menerima hadiah atau janji telah terpenuhi,” ujarnya

Diketahui, Irman terbukti menerima suap di rumahnya dari pasangan suami istri Xaveriandy Sutanto dan Memi pada 16 September 2016 senilai Rp 100 Juta terkait pengurusan gula di Sumatera Barat. Sedangan vonis hakim ini lebih rendah dari tuntutuan Jaksa dengan 7 tahun penjara. (Fq)

Comment