Isu Reshuffle Kabinet, Parpol Pendukung Tak Bisa Pengaruhi Jokowi

Isu Reshuffle Kabinet, Parpol Pendukung Tak Bisa Pengaruhi Jokowi

SHARE

Publik-News.com – Juru Bicara Presiden Johan Budi SP menegaskan perombakan kabinet sepenuhnya menjadi hak progratif Presiden Jokowi. Menurutnya, Jokowi mempunyai ukuran tersendiri menilai kinerja para menterinya.

“Tentu Presiden punya ukuran-ukuran yang didapat dari banyak pihak selain kinerja, ukuran secara langsung di teknis maupun juga Presiden mendapat laporan di lapangan. Di mana bidang yang ditangani oleh menteri masing-masing,” kata Johan saat ditemui wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Disamping itu, kata Jonan, isu reshuffle itu tidak tergantung dengan komentar para pendukung pemerintah.

“Jadi artinya apa? Untuk melakukan reshuffle atau tidak dalam kaitan ini hanya Presiden dan Wakil Presiden yang tahu. Jadi tidak tergantung dari sejauh mana ramainya rumor atau sejauh mana komentarnya partai-partai pendukung atau partai-partai yang tidak mendukung. Jadi tidak tergantung dari pernyataan-pernyataan dari koalisi pendukung,” jelasnya.

“Tapi memang namanya mengganti atau tidak mengganti sepenuhnya hak dan kewenangan dari Presiden,” tambahnya.

Jonan menambahkan, sikap Presiden Jokowi sudah jelas bahwa dalam beberapa pekan ini belum ada rencana melakukan perombakan kabinet.

“Ya kalau dilihat dari jawaban kemarin, dan jawaban Presiden adalah hari ini sampai pekan ini, maksudnya pekan lalu tidak ada reshuffle kabinet. Kalau pekan ini gimana? Gitu kan pertanyaan kemudian? Kalau pekan ini kita tunggu sampai pekan ini. Kalau pekan ini habis, pekan depan,” kata Johan Budi. (Fq)

 

SHARE
Comment