Jaksa KPK YAkin Novanto, Marzuki Alie dan Gamawan Fauzi Terima Duit Korupsi...

Jaksa KPK YAkin Novanto, Marzuki Alie dan Gamawan Fauzi Terima Duit Korupsi e-KTP

SHARE

Publik-News.com – Sejumlah nama pejabat dan mantan pejabat negara kembali terungkap menerima aliran dana dugaan korupsi terkait proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Sedikitnya, ada 3 nama tokoh nasional yang kembali dipastikan oleh Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima aliran duit dari proyek yang merugikan keuangan negara sekitar Rp 2,3 triliun tersebut. Ketiga nama yang dipastikan Jaksa KPK menerima duit haram dari proyek e-KTP tersebut adalah Ketua DPR RI, Setya Novanto, Mantan Mendagri Gamawan Fauzi dan mantan ketua DPR RI Marzuki Alie.

Hal tersebut dijelaskan Jaksa KPK saat membacakan surat tuntutan terhadap dua terdakwa mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto, dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Berdasarkan surat tuntutan terdakwa korupsi e-KTP, Irman dan Sugiharto, Novanto telah menerima uang dari Anang Sugiana Sudiharjo, Direktur PT Quadra Solution. Uang itu diserahkan melalui Andi Agustinus alias Andi Narogong, pengusaha yang berafiliasi dengan konsorsium pemenang tender e-KTP.

Namun demikian, Jaksa Irene Putri tidak menyebut berapa duit yang diterima Novanto yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar itu. Dan yang pasti, aliran dana kepada Novanto dipastikan ada dan tim jaksa masih melakukan penulusuran.

“Itu yang diterima Andi yang kami anggap akan mengalir ke Setya Novanto tapi itu masih dalam penelusuran,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Jaksa KPK Riniyati Karnasih juga membacakan surat tuntutan terhadap dua terdakwa mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto. Jaksa Riniati menyebut Gamawan Fauzi juga menerima aliaran dana berdasarkan bukti dan keterangan dari sejumlah saksi, seperti mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin dan keterangan mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraini.

“Adanya aliran uang untuk Gamawan Fauzi telah didukung bukti dan keterangan para saksi. Keterangan saksi M. Nazaruddin mengenai pemberian uang kepada Gamawan Fauzi tersebut adalah benar adanya,” ucapnya.

Bagaimana dengan Marzuki Alie, Jaksa Riniyati memaparkan Marzuki Alie dan Anggota DPR RI yang berada di Badan Anggaran (Banggar) tak lepas dari kasus dugaan korupsi proyek e-KTP itu.

“Bahwa adanya aliran dana ke Marzuki Alie dan anggota Banggar DPR, jaksa penuntut umum meyakini hal itu benar adanya,” paparnya. (PN)

Comment