Jenderal Polri Jadi PLT Gubernur: Zainuddin Amali: Saya Akan Minta Penjelasan Mendagri

Jenderal Polri Jadi PLT Gubernur: Zainuddin Amali: Saya Akan Minta Penjelasan Mendagri

SHARE

Publik-News.com – Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali akan meminta penjelasan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait persoalan penunjukkan dua perwira tinggi Polri menjadi Penjabat (Plt) gubernur di Jawa Barat dan Sumatera Utara.

Dua perwira tinggi (pati) Polri, itu adalah Irjen Pol M Iriawan dan Irjen Pol Martuani Sormin yang akan menjadi pelaksana tugas (Plt) Gubernur Jawa Barat dan Sumatra Utara.

“Saya akan coba mencoba berkomunikasi dengan Mendagri, minta penjelasan dengan beliau kira-kira apa yang menjadi dasar penunjukan dua perwira polisi ini,” kata Zainudin di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (25/1/2018).

Amali mengaku baru mengetahui usulan penunjukkan ini dari media. Menurut Amali sebaiknya posisi Plt Gubernur itu lebih tepat dijabat oleh pegawai eselon I di Kemendagri. Ketua DPP Partai Golkar ini khawatir akan adanya konflik kepentingan jika pejabat kepolisian yang ditunjuk sebagai Plt Gubernur.

“Silakan Pak Mendagri menentukan itu. Tapi sebaiknya sih memang para eselon I yang ada di Kemedagri sebagaimana yang ada,” tuturnya.

Berdasarkan UU No 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia dan UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia dikatakan bahwa anggota TNI dan Polri aktif tidak boleh berpolitik dan menempati jabatan sipil.

Namun, menurut Amali pati TNI/Polri yang menempati jabatan Plt Gubernur saat adanya Pilkada bukanlah sedang berpolitik, namun sedang menjalankan tugas pemerintahan guna mengisi kekosongan jabatan.

“Dia tidak berpolitik. Tapi mereka menjalankan pemerintahan. Karena di situ ada jabatan kosong, makanya diisi plt dari perwira tinggi TNI/Polri,” tandasnya.

Sebelumnya, dua perwira tinggi Polri digadang-gadang untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) gubernur di dua provinsi di Tanah Air.

“Bapak Wakapolri menyampaikan bahwa ada dua perwira tinggi Polri yang dipercaya untuk memimpin sementara dua provinsi yakni Jawa Barat dan Sumatera Utara,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Dua pati yang dimaksud adalah Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol M. Iriawan dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Martuani Sormin. (Ts/PN).

Comment