Jika Menteri Rini Soemarno Diganti Dianggap Sebuah Keniscayaan, Kenapa?

Jika Menteri Rini Soemarno Diganti Dianggap Sebuah Keniscayaan, Kenapa?

SHARE
JKW Rini

Publik-News.com -Tidak ada alasan bagi Presiden Jokowi untuk tidak mengganti Menteri BUMN Rini Soemarno. Reshuffle jilid II ini dianggap paling tepat bagi Presiden Jokowi mengganti pembantunya, termasuk Rini Soemarno.

Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI) Ihsanuddin Noorsy mengatakan, adalah sebuah keniscayaan untuk menggantikan Rini dalam kebinet kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla ini. Noorsy mengatakan sebuah keniscayaan jika Rini diganti karena sejak Desmber 2015 lalu, sudah ada rekomendasi dari DPR RI agar Presiden Jokowi mengganti Rini.

“Saya bilang sebuah keniscayaan karena sejak bulan Desmber Rini diminta dicopot oleh DPR. Yang lain-lain, itu tergantung presiden. Jadi buat saya reshuffle itu sebuah keniscayaan,” ujar Noorsy.

Hal tersebut disampaikan Noorsy ketika ditanya siapa saja pembantu Presiden Jokowi yang layak diganti, setelah menjadi narasumber acara seminar bertajuk “Implementasi revolusi mental dalam pembentukan keluarga sejahtera” di Grand Hotel Cempaka, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2017).

Menurut Noorsy, apa yang direkomendasikan DPR agar Rini diganti tersebut tak bisa ditolak oleh Jokowi sebagai Presiden yang memegang hak proregatif sebagaimana diatur dalam UU MD3.

“UU MD3 itu menyatakan pemerintah harus melaksanakan rekomendasi DPR. Jadi mau tidak mau, presiden harus mereshufle Rini Soemarno,” tutup Noorsy.

(Hurri Rauf)

Comment