Jika Seorang Negarawanan, Jokowi Harusnya Dukung Penguatan Lembaga DPD

Jika Seorang Negarawanan, Jokowi Harusnya Dukung Penguatan Lembaga DPD

SHARE

Publik-News.com – Mantan Wakil Ketua DPD RI La Ode Ida meminta Presiden Jokowi mendukung penguatan kewenangan Dewan Pewakilan Daerah (DPD) melalui amandemen pasal 22D UUD 1945.

Menurutnya, DPD terlihat lemah dibanding dengan DPR apabila pasal itu tidak diamandemen. Karena DPD, merupakan bagian dari parlemen.

“Kalau dia (Presiden Joko Widodo) mau menjadi negarawan yang baik, memperbaiki sistem ketatanegaraan Indonesia dan untuk Indonesia yang lebih baik ke depan, maka seharusnya Pak Jokowi mendukung,” ujar La Ode dalam diskusi bertema “DPD RI Untuk Siapa?”,di Jakarta, Sabtu (27/5/2017).

La Ode menyebut jika Jokowi tidak mendukung penguatan lembaga DPD ini akan menjadi kerugian tersendiri. Bisa jadi, kata dia, Jokowi tidak bisa memenangkan Pilres 2019. Namun jika sebaliknya, Jokowi bakal mendapat kemenangan jika mendukung dan mengamandemen pasal tersebut.

“Risikonya ya bisa terpilih lagi 2019, justru menguntungkan. Ini kan senang semua daerah apabila wadahnya diperkuat secara konstitusional. Kalau lemah saja seperti sekarang ini, Pak Jokowi lemah. Lihat saja DKI Jakarta kalah, Jawa Barat kemungkinan kalah, kalau Jawa Timur juga kalah, Banten kalah, kalau semua kalah bloknya Jokowi, peluang kalah besar di 2019,” tandasnya. (Fq)

 

SHARE