Home Politik Jimly: Pilkada Menjadi Sepi Karena Masyarakat Lebih Tertarik Mengikuti Kasus Ahok

Jimly: Pilkada Menjadi Sepi Karena Masyarakat Lebih Tertarik Mengikuti Kasus Ahok

Publik-Nes.com-Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie menyinggung perihal tidak adanya semangat dari masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi, yakni pelaksanaan Pilkada.

Menurutnya, masa-masa Pilkada seharusnya menjadi pembelajaran politik bagi masyarakat untuk memilih pemimpinnya

“Satu hal mengenai sepinya pilkada ini. Saya sendiri pernah rakor (rapat koordinasi) dengan Presiden keliling. Spanduk aja tidak ada. Padahal masa kampanye itu sudah mulai,” ujar Jimly di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2016).

Kehawatiran ini muncul karena masyarakat lebih tertarik untuk mengetahui lebih lanjut perihal kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Jadi bukan semarak pilkadanya ini, tapi seperti kasus Pak Ahok itu yang ramai,” katanya.

Seharusnya, lanjut Jimly, Pilkada ini sebagai ajang untuk memperoleh penidikan politik. Untuk itu, Jimly meminta agar penyelenggara pemilu lebih aktif dalam melakukan sosialisasi

“Dari sisi kampanye atau sosialisasi ini belum ada. Ini perhatian masyarakat hanya Al Maidah bukan Pilkada. Harus ada pendidikan politik, perlu ada sosialisasi dari penyelenggara,” katanya.(faruq)

Comment