JK Pastikan Status WNI Archandra Dapat Dipercepat

JK Pastikan Status WNI Archandra Dapat Dipercepat

SHARE

Publik-News.com – Setelah dipecat jadi Menteri ESDM karena alasan kepemilikan kewarganegaraan ganda, Archandra Tahar diusulkan untuk kembali dinaturalisasi menjadi WNI dengan paspor resmi Indonesia. Archandra yang dinilai sebagai anak bangsa berprestasi, diharapkan dapat berdedikasi kepada Indonesia dengan segenap kemampuan bidang yang dimilikinya.

Wakil presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan proses pemberian status WNI bagi Archandra dapat dipercepat. Menurutnya, pemerintah akan memberikan jalur cepat atas pertimbangan warga berkemampuan khusus dengan tetap berpijak pada prinsip yang terkandung dalam pasal 20 UU nomor 20 2006 tentang kewarganegaraan.

“Soal yang kedua itu di pasal 20 UU kewarganegaraan yang mengatakan seseorang yang telah berjasa atau dibutuhkan karena kemampuannya. Presiden dapat memberi kewarganegaraan setelah berkonsultasi atau mendapat persetujuan dari DPR,” ujar JK di istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (19/8/2016).

JK menjelaskan upaya pengembalian status Archandra menjadi WNI tidak harus dilakukan dengan waktu yang lama.

“Jadi banyak yang mengatakan harus menunggu lima tahun, enggak. Itu jalur biasa. Tapi kalo jalur khusus bisa lebih cepat. Kalau ini jalur cepat,” ucapnya.

JK mengungkapkan pemerintah mempertimbangkan keahlian khusus Archandra yang juga membuat negara lain menginginkannya. Disatu sisi, kata dia, pemerintah melihat adanya kemauan dari pribadi Archandra untuk menjadi WNI kembali.

“Karena keinginan beliau ingin tetap mengabdi sebagai warga Indonesia. Tentu pemerintah membutuhkan juga keahlian beliau. Oleh karena itu, kita membantu untuk mempercepat bagaimana proses kewarganegaraan itu,” paparnya.(Ahmad)

Comment