JK Sebut Pimindahan Ibu Kota Membutuhkan Waktu Sekitar 10 Tahun

JK Sebut Pimindahan Ibu Kota Membutuhkan Waktu Sekitar 10 Tahun

SHARE

Publik-News.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ikut menanggapi terkait wacana pemindahan ibu kota ke Kalimantan. JK menganggap proses pemindahan ibu kota bukanlah perkara yang mudah, sedikitnya membutuhkan waktu sekitar 10 tahun.

“Tidak mungkin hanya dua departemen saja pindah ke sana, ke Kalimantan. Ndak mungkin lah, musti lengkap betul baru pindah karena saling berhubungan pemerintah ini,” ujar Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jumat (7/7/2017).

Selain itu, jarak pemindahana itu harus diperhatikan. JK mencontohkan seperti  pusat pemerintahan Malaysia dipindah hanya berjarak 30 kilometer dari Kuala Lumpur. Sedangkan untuk kantor parlemen, angkatan bersenjata, dan Mahkamah Agung Malaysia tetap berada di Kuala Lumpur.

“Malaysia itu federal, yang urusan pengusaha itu tidak pernah berhubungan lagi dengan pusat tetapi berhubungan dengan pemerintah daerah,” kata Jusuf Kalla.

Menurut JK, setelah ada kebijakan otonomi daerah sebetulnya Indonesia sudah bisa menjalankan sistem seperti negara federal. Namun dalam pelaksanaannya semua urusan masih diambil alih oleh pusat.

JK mengakui jika rencana pemindahan ibu kota ini harus dikaji dengan skema yang diseuaikan dengan kondisi Indonesia saat ini.

“Tapi ini suatu upaya besar betul yang harus dikaji dengan betul khususnya dalam keadaan sekarang ini, dimana keuangan negara tidak terlalu baik, tidak berarti tiba-tiba tahun depan mau pindah, tidak,” ujar Jusuf Kalla.(Fq)

SHARE
Comment