Jleb…., KPK Kembali Temukan Bukti Tambahan Korupsi Setya Novanto

Jleb…., KPK Kembali Temukan Bukti Tambahan Korupsi Setya Novanto

SHARE

Publik-News.com – Ketua DPR RI Setya Novanto tidak bisa lagi mengelak dalam kasus dugaan korupsi KTP-elektronik. Sebab, ada tambahan barang bukti yang ditemukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus proyek senilai Rp 5,9 trilun tersebut.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan barang bukti tambahan yang ditemukan tersebut setelah KPK melakukan penggeledahan di dua lokasi berbeda pada 28 dan 30 Agustus 2017 lalu. Dua lokasi tersebut adalah kediaman mantan Direktur Produksi Perum PNRI Yuniarto di Pulogadung, Jakarta Timur dan mantan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana di Grogol, Jakarta Barat.

“Penggeledahan terkait proses penyidikan kasus e-KTP dengan tersangka SN (Setya Novanto). Ada sejumlah dokumen terkait e-KTP dan barang bukti elektronik (yang disita dari lokasi penggeledahan),” ujar Febri kepada wartawan di Gedung KPK , Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Menurut Febri, barang bukti tambahan akan terus didalami. Lembaga anti rasuah tersebut juga terus mengumpulkan bukti lainnya dan memeriksa sejumlah saksi terkait proyek yang merugikan keuangan negara sekitar Rp 2,3 trilun tersebut. “Dari sana akan dipelajari lebih lanjut bukti-bukti tersebut,” katanya.

Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka. Ketua Umum Dewann Pimpinan Pusat Partai Golkar ini masih bisa menghirup udara segar dan melakukan aktifitas politik karena belum ditahan KPK.

Selain Novanto, KPK juga sudah menetapkan lima orang lainnya sebagai tersangka. Mereka adalah mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Irman, Direktur Data dan Informasi Kemendagri, Sugiharto. (RF)

Comment