Jokowi Belum Restui Aksi Tolak Perppu Ormas

Jokowi Belum Restui Aksi Tolak Perppu Ormas

SHARE

Publik-News.com – Presidium 212 berencana akan menggelar aksi untuk menolak diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Jumat, (28/7) besok.

Menanggapi hal itu, Presiden Jokowi meminta setiap warga negera yang tidak setuju dengan Perppu Ormas bisa menempuh melalui jalur hukum.

“Kalau ada yang tidak setuju ya silakan jalur hukum, mekanisme hukum yang ada. Kan negara ini juga negara hukum, saya kira dipersilakan,” kata Jokowi usai meresmikan pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2017 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta┬áPusat, Kamis (27/7).

Jokowi menjelaskan diterbitkannya Perppu ormas itu untuk menjaga keutuhan bangsa, baik jangka pendek maupun untuk jangka panjang.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa Perppu ini terbit untuk menjamin, menjaga keamanan negara dalam jangka sekarang maupun yang akan datang. Penting untuk keutuhan negara,” katanya.

Jokowi menyarankan bagi pihak yang menolak Perppu ormas bisa melakukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi.

“Kan juga Perppu ini masih dibahas di DPR. Ini juga proses demokrasi,” ujarnya.

Rencananya, aksi yang disebut aksi 287 itu akan digelar usai salat jumat di masjid istiqlal. Setelah itu, massa aksi akan bergerak menuju Patung Kuda untuk menyampaikan orasi. (Fq)

SHARE
Comment