Jokowi Diminta Tidak Ikut Menemui Sekjen Partai Komunis Vietnam

Jokowi Diminta Tidak Ikut Menemui Sekjen Partai Komunis Vietnam

SHARE

Publik-News.com – Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio meminta Presiden Jokowi mengurungkan niatnya untuk menyambut kedatangan Sekjen Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong.

Menurutnya, Jokowi saat ini sedang memperbaiki hubungan dengan ulama, alangkah lebih baik Jokowi tidak bertemu dengan Nguyen.

“Sebetulnya tidak ada yang salah dengan kunjungan petinggi partai komunis Vietnam ini, hanya saja momentum politiknya tidak tepat bagi Jokowi. Saat ini kan Presiden sedang giat memperbaiki hubungan dengan para ulama dan memperkuat Pancasila, nah ada baiknya memilih jenis kunjungan,” kata Hendri saat dihubungi, Senin (21/8/2017).

Ia menambahkan, bila nantinya Nguyen benar-benar berkunjung ke Indonesia, Jokowi tetap diminta untuk tidak menemuinya.

“Kunjungan petinggi Vietnam penting namun pendidikan politik ideologi bagi rakyat juga penting. Keputusan ada di tangan Presiden dan kita wajib menghormati namun akan sangat baik bila Presiden menimbang betul keputusannya,” tandasnya.

Untuk diketahui, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Jokowi dan sejumlah lembaga negara, Seperti MPR/DPR dan DPD.

Kunjungan Nguyen ini merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla menemui Wakil Perdana Menteri Vietnam Vuong Dinh Hue pada Juli 2017

Kunjungan ini juga merupakan bentuk apresiasi karena pemerintah Indonesia bersedia menghadiri  acara KTT APEC 2017 yang rencananya akan diadakan pada 11-12 November 2017 di Da Nang, Vietnam.(Fq)

 

SHARE
Comment