Jokowi Fokuskan Kerja Sama RI-Chile Pada Perdagangan, Perikanan, dan Pertanian

Jokowi Fokuskan Kerja Sama RI-Chile Pada Perdagangan, Perikanan, dan Pertanian

SHARE

Publik-News.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Chile merupakan mitra perdagangan terbesar ketiga bagi Indonesia di Amerika Selatan. Karena itu, masalah perdagangan investasi merupakan topik bahasan utama dalam pertemuan bilateral delegasi pemerintah Republik Indonesia (RI) dan pemerintah Republik Chile.

“Kita berharap agar penyelesaian perundingan kerja sama kemitraan (CEPA), terutama untuk bidang trade in goods dapat diselesaikan tahun ini,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Chile Veronica Michelle Bachelet Jeria seusai pertemuan bilateral kedua negara, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Jokowi menilai, kunjungan Presiden Bachelet juga sangat tepat waktu di saat Indonesia sedang menggalakkan peningkatan perdagangan dan investasi dengan mitra non tradisional, termasuk di Amerika Selatan, dimana Chile merupakan salah satu prioritas di antaranya.

Sebagai bentuk untuk mendekatkan pebisnis kedua negara, Presiden sangat menyambut baik kehadiran delegasi bisnis dalam rombongan Presiden Bachelet, dan penandatanganan kesepakatan (MoU) kerja sama antara kedua KADIN (Kamar Dagang dan Industri).

“Kami juga sepakat bahwa ke depan kerja sama bilateral akan difokuskan pada beberapa bidang, yaitu bidang perikanan, bidang industri strategis. Di bidang pertanian, khususnya upaya peningkatan perdagangan dari hasil-hasil pertanian kita,” ungkapnya.

Dalam pernyataan pers bersama itu, Jokowi juga menyampaikan, bahwa Indonesia dan Chile juga menjadi anggota dalam berbagai forum dunia, di antaranya Gerakan Non-Blok, APEC, dan FEALAC. Jokowi meyakini, kedekatan hubungan bilateral akan dapat membantu peningkatan kerja sama di berbagai forum tersebut.

“Saya menyampaikan penghargaan atas dukungan Chile terhadap pencalonan Indonesia pada Dewan Keamanan PBB tahun 2019-2020. Dan dukungan yang sama telah diberikan Indonesia kepada Chile pada tahun 2014-2015,” katanya. (Ses)

Comment